IBL

Andrew Bogut mulai berpikir untuk pensiun. Ia sudah mengarungi dunia bola basket profesional, termasuk NBA, selama 15 tahun. Bogut mengatakan bahwa keputusan mengakhiri kariernya mungkin akan muncul pada pertengahan Mei 2020.

Bogut sebenarnya berniat membela tim nasional Australia pada Olimpiade 2020 di Tokyo. Kemudian, pensiun dengan tenang. Namun, pesta olahraga dunia itu ditunda akibat Covid-19. Bogut pun menganggur karena liga-liga bola basket juga disetop sementara.

“Saya belum pernah bermain bola basket sejak musim berakhir, dan rasanya enak bangun dari tempat tidur dan tidak merasa seperti berjalan di atas kaca,” kata Bogut per ESPN. “Karier saya pada dasarnya di ujung tanduk, tetapi mungkin keputusan baru akan dibuat pada pertengahan Mei.”  

Selama kariernya, Bogut telah membela enam klub berbeda, termasuk Sydney Kings di NBL Australia. Meraih berbagai prestasi seperti juara NBA dan NBL Most Valuable Player (MVP). Ia bahkan bisa saja mendapat gelar juara NBL seandainya tidak ada Covid-19. Kings sedang menghadapi Pert Wildcats saat virus corona merajalela. Mereka menolak tampil demi keamanan semua pihak sehingga NBL menganugerahi Wildcats gelar juara.

Bogut juga berkali-kali muncul sebagai salah satu wajah utama timnas Australia. Pada Piala Dunia 2019 lalu, Bogut berhasil mengantarkan Negeri Kanguru ke semifinal. Mereka finis di peringkat empat karena kalah dari Prancis. Namun, penampilan Australia saat itu mendapat apresiasi tinggi. Mereka diharapkan bisa mengeluarkan kemampuan yang sama pada Olimpiade yang seharusnya digelar tahun ini.

Seandainya Bogut benar-benar pensiun, itu artinya ia terancam gagal tampil di Olimpiade. Sebab, pesta olahraga dunia itu digeser ke 2021. Sedangkan keputusannya mungkin akan dibuat satu bulan lagi. (GNP)

Foto: NBA

Komentar