IBL

David West, senter veteran Golden State Warriors, memutuskan pensiun dari NBA di hari ulang tahunnya. Ia mengumumkan keputusan itu melalui Twitter setelah berkarir selama 15 tahun di NBA kemarin, 29 Agustus 2018 waktu setempat. Selama itu, ia sedikitnya merengkuh dua kali gelar juara NBA bersama Warriors dan dua kali NBA All-Star ketika membela New Orleans Hornets (sekarang New Orleans Pelicans).

West dalam cuitannya mengatakan, ia beruntung bisa menjalankan hidup sesuai mimpinya sejak kecil. Ia bersyukur atas belasan tahun yang luar biasa dan berterima kasih kepada segenap pihak yang mendukungnya selama itu.

“Saya cukup beruntung menjalankan hidup sesuai mimpiku bermain di NBA sejak kecil. Setelah 15 tahun, saya memutuskan pensiun dari bola basket. Dengan kerendahan hati, saya berterima kasih atas dukungan keluarga, teman-teman, para pelatih, rekan-rekan setim, organisasi dan para penggemar dalam melalui pengalaman ini,” ujar West seperti diunggahnya di Twitter (@D_West30).

Selama 15 tahun itu, West mengoleksi rata-rata 6,8 poin, 6,4 rebound, dan 2,2 asis per pertandingan. Ia membela tiga empat tim; dari New Orleans Hornets, Indiana Pacers, San Antonio Spurs, sampai berakhir di Golden State Warriors sebagai juara NBA dua kali beruntun (back-to-back champion).

Kendati memiliki karir luar biasa bersama Warriors, West sebenarnya lebih banyak menghabiskan waktu dengan Hornets. Ia membela tim itu selama delapan tahun sejak terpilih di urutan 18 NBA Draft 2003. Sang senter bahkan mencapai masa jayanya sebagai pemain berpengaruh di sana. Ia pernah mengoleksi rata-rata 21 poin, 8,5 rebound, dan 2,3 asis per pertandingan untuk Hornets pada 2008-2009.

Sementara itu, ketika bermain di Warriors di pengujung karirnya, West lebih banyak bermain dari bangku cadangan. Menit bermainnya juga tidak sebanyak dulu. Hal itu terjadi karena kemampuannya tidak lagi bisa membawanya bersaing di lima utama. Namun, Kepala Pelatih Steve Kerr tetap membutuhkan pengalamannya untuk membantu Warriors merengkuh gelar juara. Bagaimanapun, West adalah salah satu senter bernama besar di NBA.  

Kini, dengan berbagai prestasi yang telah ia rengkuh, West tinggal menikmati babak baru dalam hidupnya. Ia memutuskan pensiun dan siap untuk melanjutkan cerita lain di luar basket. Apalagi ia juga aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat selama ini.  

Foto: NBA.com

Komentar