IBL

Saya termasuk orang yang senang ketika Nike mengambil alih jersey NBA pada 2017 lalu. Bukan karena produk adidas sebelumnya buruk, tetapi Nike berhasil membawa warna baru dalam menghasilkan jersey-jersey klub NBA sekarang ini. Mereka punya City Edition yang inspirasinya datang dari kultur pop kota masing-masing yang ikonik. Itu membuat saya percaya bahwa bola basket (dalam bahasa Zen Rachmat Sugito tentang sepak bola) juga telah menjelma cerita.

Maksudnya, basket tidak melulu harus dilihat sebagai olahraga permainan belaka, yang sudut pandangnya hanya dari kacamata empat kuarter dan angka-angka. Bagi saya, basket justru dipengaruhi banyak hal yang membuatnya keluar dari bingkai seperti itu. Dan City Edition yang tadi saya bilang itu semakin menegaskan posisi basket dalam kehidupan kita, bahwa olahraga permainan itu hanyalah latar dari kehidupan manusia yang sangat besar.

Bagaimanapun, seorang desainer, misalnya, tidak melulu bisa menciptakan jersey yang keren jika ia hanya melihat basket sebagai “basket”. Ia harus menerobos itu untuk melihat banyak hal yang bisa diaplikasikan ke dalam karyanya. Oleh karena itulah desainer-desainer Nike datang dengan ide-ide segar untuk membuat jersey yang kelihatan keren. City edition adalah cerminan dari upaya menerobos batas-batas tertentu.

 

***

 

Pada titik ini, saya pun tergerak untuk merangkum 5 jersey City Edition terbaik pada 2018-2019. Saya menilai dari tampilan dan inspirasi di baliknya, karena—seperti yang sudah dibilang tadi—para desainer Nike telah menerobos sesuatu untuk menghasilkan karyanya hari ini. Berikut 5 City Edition terbaik tersebut:

Minnesota Timberwolves

Minnesota Timberwolves memiliki jersey City Edition paling menarik mata ketika mereka pertama kali mengenalkannya tahun ini. Dengan kombinasi warna ungu gelap dan terang, mereka jadi tampak flamboyan. Apalagi inspirasinya memang datang dari bintang musik Prince Roger Nelson atau lebih dikenal sebagai Prince yang sama flamboyannya. Tampilan warna dan elemen-elemen—seperti bentuk huruf dan ornamen yang diambil dari album Purple Rain—dalam jersey ini menunjukkan bahwa mereka tidak kehabisan ide untuk menelurkan karya baru.   

Miami Heat

Miami Heat kembali menghadirkan jersey bertema Vice City yang sarat akan nuansa South Beach. Dengan paduan warna baru (hitam), mereka mempertahankan merah muda dan biru neon yang menghiasinya. Warna-warna itu mengingatkan saya pada masa remaja—ketika masih bermain Grand Theft Auto: Vice City di PlayStation 2—sambil berujar: “Ini warna Miami banget!” Bagaimanapun, warna-warna itu sudah sangat ikonik dengan daerah yang meleburkan kultur pop Amerika dengan Latin.    

Toronto Raptors

Ada Drake, ada Toronto. Tokoh ikonik ini sulit sekali dipisahkan dari kota kelahirannya. Dalam jersey City Edition kali ini pun Drake mengambil bagian dalam menjual produknya lewat lini busana OVO miliknya. Padahal Raptors tidak banyak melakukan perubahan pada desainnya. Mereka hanya mengubah warna hitam menjadi putih dengan panah ke atas dan huruf bertuliskan “North”, merujuk pada tempat tinggal mereka yang berada paling utara daripada klub lainnya. Tidak heran Raptors selalu menggaungkan slogan “We the North”. Namun begitu, jersey berwarna putih ini justru terlibat lebih mewah daripada edisi sebelumnya.

Golden State Warriors

Sang Juara Bertahan NBA memang juara! Mereka datang dengan desain berbeda pada 2018-2019 ini meski tetap mengusung tema yang sama dalam City Edition-nya. Mereka mengangkat lagi nuansa kekayaan kultur Cina dengan menggabungkan gambar jembatan terkenal di Bay Area, tempat di mana mereka bermukim. Ornamen-ornamen, baik logo atau garis-garis di samping jersey, semakin menegaskan peleburan ikon-ikon di kota itu menjadi satu karya baru. Paduan warna biru dongker dan kuningnya pun tampak keren. Setidaknya jersey ini harus ada di jajaran lima terbaik.

Brooklyn Nets dan Houston Rockets

Rasanya sulit sekali memilih jersey City Edition Brooklyn Nets atau Houston Rockets di nomor lima. Buat saya, keduanya memiliki tampilan dan inspirasi menarik. Nets mengaplikasikan desain jersey yang terinspirasi dari kebesaran nama Christopher Latore Wallace alias Notorius B.I.G di Brooklyn dengan motif camo multiwarna. Sementara itu, warna merah di jersey Rockets selalu menarik perhatian. Apalagi dengan motif-motif (seperti mega mendung) dan warna emas bernuansa Cina yang dipadukan dengan ikon Houston, yaitu roket dan luar angkasanya. Kedua jersey ini jadi kelihatan keren karena meleburkan nuansa tertentu dengan basket yang dicintai masyarakatnya.

Foto: Nike

Komentar