IBL

Di tengah persiapan Golden State Warriors bermain di final kelima mereka secara beruntun, sedikit kabar yang cukup mengkhawatirkan datang dari skuat mereka. Usai berulang kali diterpa kabar mengenai kemungkinan hengkangnya pemain-pemain seperti Kevin Durant dan Klay Thompson di pasar pemain bebas, kali ini kabar hengkang juga datang dari Andre Iguodala.

Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, Andre mendaku bahwa ia mulai mempertimbangkan wacana untuk pensiun termasuk di tahun ini. Jika ia tidak lagi menemukan kesenangan bermain basket, ia akan segera memutuskan untuk gantung sepatu entah kapan itu.

“Saya rasa saya sudah sangat dekat dengan akhir karir saya. Saya sudah bermain di liga ini selama 15 musim, ya 15 musim. Saya rasa akan tidak akan maslaah jika saya menutup karir saya di musim ke-15,” uajrnya.

“Saya jelas hanya akan bermain basket jika saya masih merasa senang melakukannya. Saya rasa Anda sudah sering mendengar beberapa orang yang menekuni dunia seni, musisi, atau profesi seperti itu akan menepi jika tak lagi menikmatinya. Jadi bagi saya, jika saya masih menikmatinya, saya akan bermain. Jika tidak, Anda tahu ini akan menjadi tahun terkahir saya,”imbuhnya.

Kabar ini benar-benar tidak cukup terduga oleh banyak pihak. Pasalnya, Andre sendiri tak menunjukkan gejala “penuaan” dalam permainannya. Terbukti, dalam babak semifinal wilayah melawan Rockets, ia masih cukup tangguh menjadi penghadang seorang James Harden.

“Saya pikir saya ada dalam di situasi yang sangat baik. Saya berada di tim yang sempurna untuk tubuh saya. Saya tidak harus berlatih habis-habisan, mendapatkan menit bermain yang berlebihan atau semacamnya di usia saya,” terang pemain berusia 35 tahun ini.

“Kami punya banyak data dan teknologi tentang bagaimana cara merawat tubub. Semuanya, latihan hingga program menjaga kondisi berjalan apik di tim ini, semua bekerja dengan baik. Saya berada di tempat yang tepat sekarang, keputusan ini akan terjadi dalam hitungan hari berganti hari,” tutupnya.

Kontrak Andre dan Warriors sendiri hanya tersisa satu musim ke depan. Jika ia kembali bermain musim depan, ia akan menerima gaji AS$17 juta. Namun rasanya, bagi peraih gelar MVP final 2015 ini, uang bukan lagi masalah. Dalam beberapa kesempatan, Andre sudah menerangkan bahwa ia sudah cukup siap menghadapi masa pensiun dengan beberapa investasi yang ia lakukan, salah satunya di bidang teknologi. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar