IBL

Di tengah semifinal Wilayah Barat antara Golden State Warriors melawan Houston Rockets, Andre Iguodala membuat pengumuman di akun twitter pribadinya. Sabtu dini hari, 4 Mei 2019, waktu setempat, Andre mengumumkan bahwa ia akan meluncurkan memoar. Ditulis bersama Carvell Wallace, memoar yang akan dijual secara resmi 25 Juni 2019 nanti ini berjudul “The Sixth Man.”

Judul ini dirasa cukup menarik oleh banyak pihak karena Andre tak bisa dibilang sepenuhnya seorang Sixth man atau pemain cadangan. Kala masuk ke NBA dan bermain untuk Philadelphia 76ers, Andre adalah pilihan utama tim tersebut. Sebagai ruki, ia sudah masuk barisan utama (starter) Sixers bersama sederet legenda NBA seprti Chris Webber dan Allen Iverson. Bermain penuh 82 gim, tak sekalipun Andre turun sebagai pemain cadangan.

Hal tersebut terus terjadi selama delapan musim ia membela Sixers. Bahkan, saat menjalani satu musim bersama Nuggets dan musim pertamanya bersama Warriors, Andre selalu menjadi pilihan utama. Rataan menit bermainnya pun tak pernah kurang dari 32 menit per gim.

Baru di musim keduanya bersama Warriors ia mendapatkan perubahan peran. Dari 77 gim yang ia mainkan, pemain bernomor punggung sembilan ini memulai semuanya dari bangku cadangan. Posisi utamanya digantikan oleh Harrison Barnes yang kini membela Sacramento Kings.

Hal tersebut terus terjadi hingga 18 gim babak playoff musim 2014-2015. Di gim keempat partai final berhadapan dengan Cleveland Cavaliers, Andre menjadi starter untuk pertama kalinya. Menariknya, ia justru menjadi pembeda seri tersebut. Kemampuan bertahannya yang bagus membuat bintang Cavaliers, LeBron James, mati kutu. Warriors pun mengalahkan Cavaliers dalam enam laga dan menjadi juara untuk pertama kalinya sejak 1975.

Kehebatan penampilan Andre di seri tersebut bahkan berujung kepada gelar individu. Di gim terakhir, ia mendapatkan gelar MVP final menggeser Stephen Curry yang sebelumnya dijagokan meraih gelar tersebut.

Memasuki musim keenamnya sebagai pemain Warriors, Andre tetap setia dengan perannya sebagai sixth man. Ia bahkan bisa dibilang sebagai penjaga keunggulan Warriors kala barisan utama rehat sejenak untuk mengambil napas. Namun, beberapa kali juga Andre turun sebagai starter saat tim ini dihantam badai cedera.

Termasuk di semifinal Wilayah Barat kali ini, ia kembali masuk ke starter usai DeMarcus Cousins cedera dan harus absen dalam waktu yang cukup lama. Ia membayar kepercayaan itu dengan menjalankan tugas menjaga James Harden, salah satu pemain paling superior di NBA musim ini dengan apik. (DRMK)

Foto: NBA, Twitter @andre

 

Komentar