IBL

Golden State Warriors memenangkan pertandingan semifinal wilayah pertamanya di NBA 2018-2019. Mereka mengalahkan Houston Rockets 104-100 (1-0) di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Minggu 28 April 2019 waktu setempat. Kevin Durant kembali tampil bak monster bagi lawannya.

Durant mencetak 35 poin di pertandingan itu. Ia memasukkan 11 tembakan dari 25 percobaan (44 persen). Akurasi tembakan gratisnya mencapai 80 persen. Ia mendulang sekitar 12 poin dari garis penalti itu.

Selain Durant, Stephen Curry juga mencetak 18 poin dan 7 rebound. Draymond Green 14 poin, 9 rebound, dan 9 asis. Andre Iguodala 14 poin. Klay Thompson 13 poin. Selain starter, sisanya hanya mendukung dengan poin di bawah dobel digit.

Sementara itu, Rockets bertumpu pada tiga pemainnya. James Harden mencetak 35 poin dan 6 asis. Eric Gordon menambahkan 27 poin. Chris Paul 17 poin. Namun, mereka membuat total 11 kesalahan berbuah serangan balik (turnover) di pertandingan itu.

Warriors memenangkan pertandingan dengan akurasi tembakan yang lebih tinggi dari lawannya. Mereka memasukkan 50,7 persen tembakannya sedangkan Rockets hanya 41,9 persen. Warriors juga berhasil menguasai bola pantul dengan meraih 12 rebound lebih banyak (38-26).

Rockets, meski kalah, sebenarnya memaksa Warriors melakukan turnover sebanyak 20 kali. Namun, pertandingan ditentukan di detik-detik akhir. Paul melakukan technical foul yang membuat Warriors mendapat tembakan gratis. Ia dikeluarkan dari pertandingan lantaran protes kerasnya kepada wasit. Paul begitu lantaran merasa dirinya dilanggar setelah meraih bola pantul dari tembakan Harden yang gagal menyamakan kedudukan.

Kedua tim bersaing ketat selama pertandingan. Warriors unggul lebih dulu dengan skor 28-19 di kuarter satu. Rockets membalasnya di kuarter dua (43-25) sehingga skor imbang 53-53. Pertandingan berubah ketat.

Setelah istirahat, Warriors kembali menjauh. Mereka mencetak tujuh poin lebih banyak (30-27). Alhasil, Durant dkk. unggul 83-80.

Dengan perbedaan poin setipis itu, Rockets berusaha mengambil alih kedudukan. Mereka sempat berhasil melakukannya, tetapi Warriors tidak tinggal diam. Apalagi mereka bermain di depan pendukungnya sendiri di Oakland.

Harden mencetak tiga poin dari satu tembakan dan tembakan gratis. Ia membuat Rockets membayangi Warriors 98-100. Curry lalu membalasnya dengan tripoin di sisi lain.

Harden segera menjawabnya dengan gerakan menusuk dan tombokan. Rockets terus membayangi Warriors 100-103. Si Berewok berusaha menyamakan kedudukan dengan tripoin di sisa 9,1 detik. Namun, tembakannya meleset. Paul mendapat bola pantul, tetapi ia malah melakukan turnover.

Paul merasa Warriors melakukan pelanggaran sehingga protes keras kepada wasit. Wasit tidak menerima itu. Mereka menghukumnya dengan technical foul. Paul dikeluarkan dari pertandingan. Warriors mendapat satu tembakan gratis. Curry mengeksekusinya dengan baik.

Warriors pun menang 104-100.

Kini Warriors memimpin 1-0. Mereka akan bertanding lagi lusa di tempat yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar