IBL

Andre Iguodala mengakhiri karier bola basketnya setelah empat gelar juara NBA dalam 19 tahun. "Ini saat yang tepat," kata pemain berusia 39 tahun itu kepada portal ESPN Andscape (sebelumnya The Undefeated). Keputusan pensiun Iguodala memastikan bahwa LeBron James secara resmi menjadi pemain aktif tertua di NBA di tahun 2023.

Perjalanan salah satu pemain NBA terhebat sepanjang masa telah berakhir. Andre Iguodala mengumumkan bahwa ia pensiun pada usia 39 tahun. Juara NBA empat kali itu membuat pengumuman setelah menghabiskan 19 musim di liga. 

Dia memulai karirnya pada tahun 2004, setelah dia masuk dalam urutan kesembilan secara keseluruhan oleh Philadelphia 76ers, di mana dia bertahan hingga tahun 2012. Tugas singkat satu tahun di Denver Nuggets diikuti oleh perjalanan Iguodala dari tahun 2013 hingga 2019 bersama Golden State Warriors, di mana ia memenangkan gelar juara NBA pada tahun 2015, 2017, dan 2018, bahkan dinobatkan sebagai MVP Final pada tahun 2015.

Setelah bermain untuk Miami Heat dari tahun 2020 hingga 2021, ia kemudian kembali ke Warriors dan membantu mereka memenangkan kejuaraan terbaru mereka, pada tahun 2022. "Merupakan berkah bisa bermain selama itu," katanya.

Sempat Dipengaruhi Stephen Curry

Andre Iguodala sebenarnya hampir mengumumkan pensiun pada akhir musim 2022-2023. Namun rupanya panggilan telepon dari Stephen Curry mendorongnya untuk berubah pikiran. Ditambah lagi, musim lalu sang veteran hanya tampil delapan kali untuk Warriors. Penyebabnya adalah masalah pada pinggul dan pergelangan tangan. 

Foto: Ballislife Facebook

Menurut pernyataannya sendiri, dia baru-baru ini menolak tawaran dari Warriors dan klub lain. Dia memutuskan untuk mengakhiri kariernya, lantaran Iguodala sekarang akan memulai karier bisnis, setelah menyiapkan beberapa proyek menarik. Iguodala membuat pengumuman melalui kolom DealBook The New York Times, menjelaskan bahwa dia sekarang akan menjalankan Moses, dana modal ventura yang dia mulai dengan mitra bisnis Rudy Cline-Thomas. 

Dalam diskusinya dengan The New York Times, Iguodala mengakui bahwa memiliki tim mungkin menarik baginya, namun saat ini belum tepat.

Iguodala dan LeBron James

LeBron James resmi menjadi pemain aktif tertua di NBA pada tahun 2023, setelah Andre Iguodala mengumumkan kepada Marc J. Spears dari ESPN bahwa dia akan pensiun. 

Iguodala menyelesaikan karir luar biasa yang mencakup dua babak yang sangat berbeda. Sebelum era Golden State Warriors, di mana ia menjadi "The Other AI" dan seorang All-Star yang bercita-cita untuk memainkan peran utama dalam sebuah tim. Kemudian periode Warriors, di mana ia menjadi pemain peran utama, mampu bertahan melawan semua penyerang terbaik. Ingat Final NBA 2015, di mana pertarungannya melawan LeBorn James, membuat Iguodala memenangkan gelar MVP Final.

Andre Iguodala mendapatkan empat gelar juara NBA (2015, 2017, 2018 dan 2022) dan terpilih dalam dua Tim All-Defense yang akan memungkinkan dia untuk memberikan kandidat yang kuat untuk masuk ke Hall of Fame masa depan. Dia juga pernah meraih medali emas di Piala Dunia FIBA 2010 dan Olimpiade 2012 bersama timnas Amerika Serikat. (*)

Foto: Draftkings Network

Komentar