IBL

Pelaksanaan IBL 2020 Seri 5 Kediri kembali terhambat. Sampai hari kedua, sudah ada dua gim yang diputuskan untuk ditunda. Gim pertama adalah Prawira Bandung melawan Bima Perkasa Yogyakarta, dan kedua adalah pertandingan antara Satya Wacana Salatiga berhadapan dengan Pacific Caesar Surabaya. Gim ketiga yang ditunda yaitu Indonesia Patriots melawan Prawira Bandung.

Penundaan pertama terjadi pada Jumat, 28 Februari 2020. Pertandingan antara Prawira melawan Bima Perkasa tidak digelar lantaran molornya jadwal pertandingan. Faktor utamanya adalah penyelesaian Letter Of Clearance (LOC) pemain asing Pelita Jaya Bakrie dan Pacific Caesar Surabaya yang memakan waktu lama.

Laga Pelita Jaya melawan Pacific seharusnya berlangsung pada pukul 18.00 WIB. Tetapi baru dilaksanakan kurang lebih pukul 19.30 WIB. Itu pun setelah diputuskan tidak memakai pemain asing. Keputusan ini disepakati kedua belah pihak.

Sedangkan imbasnya, pertandingan Prawira melawan Bima Perkasa ditunda. Karena sudah terlalu malam untuk melaksanakan pertandingan.

"Kami akhirnya menunda pertandingan tersebut. Kami tidak ingin mengambil risiko karena terlalu malam. Pemain tidak punya cukup waktu untuk beristirahat menghadapi gim keesokan harinya," kata Junas Miradiarsyah, selaku Direktu IBL, pada Jumat malam.

Laga kedua yang mengalami penundaan adalah Satya Wacana Salatiga melawan Pacific Caesar Surabaya, yang dijadwalkan berlangsung hari Sabtu, pukul 17.00 WIB. Namun kali ini berbeda. Kondisi lapangan memang tidak memungkinkan. GOR Jayabaya dan sekitarnya diguyur hujan lebat, sehingga terjadi kebocoran di beberapa titik, di dalam lapangan.

"Pertandingan Satya Wacana lawan Pacific juga harus dibatalkan. Karena kondisi lapangan tidak memungkinkan," kata Junas, Sabtu malam. "Dari pihak pengawas pertandingan, panita, serta kedua tim sudah sepakat untuk ditunda. Kami melihat dari sisi keamanan pemain."

Bila tetap berlangsung, laga Satya Wacana melawan Pacific juga pincang. Sebab kedua tim hanya akan memakai dua pemain asing. Ini lantaran Satya Wacana harus menyesuaikan tim Pacific, yang tidak bisa memainkan Louis Jacobo, karena belum mendapatkan LOC.

Setelah kedua gim tersebut, ternyata ada satu gim lagi yang ditunda yaitu Indonesia Patriots melawan Prawira Bandung. Alasannya karena lapangan tidak memungkinkan digunakan untuk bertanding. Hujan lebat membuat lapangan licin karena bekas tetesan air masih terlihat. Padahal sudah ditunggu selama satu jam. Akhrinya pada pukul 20.00 WIB diumumkan bahwa laga tersebut ditunda.

Prawira hingga hari kedua seri Kediri belum bertanding. Padahal mereka seharusnya sudah bermain dua gim.

"Kalau dari sisi kepelatihan, tentu kami dirugikan. Karena pemain kami belum tampil sama sekali. Sedangkan lawan kami besok (Satria Muda) sudah bermain. Tetapi kalau keadaan seperti ini kami juga harus menerima. Karena memang kondisinya tidak memungkinkan. Dan, kami harus memberi keamana juga ke pemain," ujar Andri Syarel Octrianes, selaku manajer Prawira Bandung. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar