IBL

Miami Heat resmi mengistirahatkan jersei Dwyane Wade. Mereka menggantung nomor tiga di langit-langit AmericanAirlines Arena, Miami, Florida, Amerika Serikat. Istri dan anak-anak Wade mendapat kehormatan untuk menaikkan jerseinya sendiri hari ini, Jumat, 22 Februari 2020 waktu setempat.

Upacara penggantungan jersei dilaksanakan saat Heat menghadapi Cleveland Cavaliers. Namun, pengumumannya sudah dari kemarin. Heat berusaha memberi penghormatan kepada legendanya sesegera mungkin.

"Emosi saya campur aduk. Saya bersyukur," ujar Wade soal penghormatan yang diberikan Heat.

Sang pemain memutuskan pensiun musim lalu. Ia mengakhiri kariernya dengan status pemain Heat. Padahal sebelumnya, sempat melanglang buana ke Chicago dan Cleveland.

Wade sendiri menghabiskan waktu selama 16 tahun di NBA. Ia membela Heat pada 2003-2016 dan 2018-2019. Wade mempersembahkan setidaknya tiga gelar juara.

Selain pencapaian tim, Wade juga memiliki berbagai penghargaan individu. Salah satunya Most Valuable Player (MVP) Final NBA 2006. Wade saat itu menjadi tumpuan tim untuk juara.

Selama kariernya bersama Heat, Wade tampil dalam 948 pertandingan reguler. Ia mencetak rata-rata 22,7 poin, 4,7 rebound, 5,6 asis, dan 1,6 steal. Dengan segala pencapaiannya, bukan tidak mungkin dirinya menjadi seorang Hall of Famer masa depan.

Jersei Wade sendiri bukan sekali ini diistirahatkan. Golden Eagles Marquette, tim bola basket Marqutte University, juga melakukan hal yang sama. Mereka mengistirahatkan nomor tiga untuk menghormati dedikasi Wade selama di kampus.

Kini, nomor tiga pun abadi bersama Heat dan Marquette. Sementara itu, Wade akan melanjutkan hidupnya di luar lapangan. Ia sudah bukan pemain, tetapi warisannya abadi. (GNP)

Foto: NBA

Komentar