IBL

Dwyane Wade membuat pengumuman tepat satu minggu sebelum NBA dimulai. Melalui akun Youtube resminya, Wade mengunggah video berjudul “One Last Dance.” Video ini sendiri berisi tentang perjalanan Wade sampai pada keputusannya untuk pensiun dari NBA selepas musim 2018-2019. Pemain berjuluk Flash ini sendiri total sudah bermain selama 15 musim yang mayoritas ia habiskan bersama Miami Hehat (13,5 musim), sisanya ia habiskan untuk Chicago Bulls (satu musim), dan Cleveland Cavaliers (setengah musim).

Wade pun menjalani musim 2018-2019 bak tur perpisahannya. Hal serupa yang terjadi pada legenda NBA sekaligus Los Angeles Lakers, Kobe Bryant, saat memutuskan pensiun tiga musim lalu. Setiap Wade memainkan laga terkahirnya di kandang lawan, selalu ada video apresiasi dan perpisahan dari tuan rumah. Belum lagi rangkaian acara tukar jersey yang dilakukan beberapa pemain dengannya yang benar-benar menggambarkan seolah Wade tak akan ada lagi di liga musim depan.

Menariknya, secara performa di lapangan, Wade justru menunjukkan penampilan yang lebih baik dari musim lalu. Meski selalu turun sebagai pemain cadangan dengan rata-rata bermain selama 25,7 menit, pemain yang akrab dengan nomor punggung tiga ini mencatatkan 14,4 poin, 3,8 rebound, dan 4,1 asis per gim. Semua angka tersebut meningkat dari musim lalu yang ia habiskan di Cavaliers dan Heat sendiri.

Hal itu pula yang memantik anggapan dari beberapa penikmat NBA bahwa Wade sebenarnya tak perlu pensiun di akhir musim. Kepala Pelatih Heat, Erik Spoelstra, juga tak sungkan mengungkapkan pendapat serupa kepada media. “Saya masih berupaya sekuat tenaga untuk merayu Wade kembali lagi tahun depan atau bahkan lebih dari itu. Sangat mungkin kami harus menyertakan beberapa poin khusus dalam kesepakatan itu,” ujar Spoelstra dilansir South Florida Sun Sentinel .

Ketergantungan Spoelstra terhadap Wade memang bisa dibilang masuk akal. Sebagai veteran dan tiga kali meraih gelar juara, pengalaman pemain berusia 37 tahun tersebut sangat dibutuhkan oleh Heat untuk membimbing tim yang bisa dibilang muda dan kurang pengalaman. Pemain-pemain seperti Justise Winslow, Josh Richardson, dan Bam Adebayo masih sangat “hijau” terutama untuk membawa tim ke playoff atau lebih jauh lagi.

Menarik menunggu bagaimana kerja keras Spoelstra akan merubah pemikiran Wade atau tidak di akhir musim. Namun bila berhasil, hal yang sedikit aneh pun akan terjadi karena segala rangkaian perpisahan ini sudah terjadi termasuk undangan khusus NBA kepada Wade dan Nowitzki ke laga All Star. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar