IBL

Udonis Haslem, forwarda Miami Heat, berada dalam dilema dalam beberapa bulan terakhir. Ia galau antara pensiun atau melanjutkan karirnya bersama Heat. Jawaban itu akhirnya muncul hari ini, Kamis 6 September 2018 waktu setempat.

Menurut laporan Shams Charania, The Athletic, lewat akun Twitter-nya (@ShamsCharania), pemain berusia 38 tahun itu memutuskan kembali membela Heat dengan kontrak minimum veteran selama satu tahun. Itu artinya, Haslem akan segera menjalani musim ke-16 bersama Heat.

Haslem pertama kali datang ke NBA ketika Heat mengontraknya pada 2003. Mereka membelinya dari pasar pemain bebas karena sang pemain memang tidak terpilih di NBA Draft (undrafted) setahun sebelumnya. Haslem yang undrafted itu bermain di Prancis dengan membela Chalon-sur-Saone selama semusim (2002-2003) sebelum benar-benar ke NBA.

Selama membela Heat, Haslem telah mempersembahkan tiga gelar juara (2006, 2012, dan 2013). Namun selama itu pula, ia tidak banyak mendapat pujian karena tenggelam di antara nama besar seperti Shaquille O’Neal atau Chris Bosh.

“UD (Udonis Haslem) tidak mendapat banyak pujian, tetapi ia jiwa dan raga tim ini,” ujar Shaq kepada Tom D’Angelo dari Palm Beach Post, seperti dikutip Bleacher Report. “Jerseynya seharusnya dipensiunkan karena dialah pahlawan saya.”

Selama 15 musim, Haslem rata-rata mengoleksi 7,7 poin dan 6,8 rebound per pertandingan untuk Heat. Musim terbaiknya terjadi ketika ia rata-rata mencetak 12 poin, 9 rebound, dan 1,4 asis pada 2007-2008. Sayangnya, musim lalu, ia tidak berperan banyak dalam pertandingan. Ia hanya tampil sebanyak 14 kali dan mencetak 0,6 poin, 0,7 rebound, dan 0,4 asis.

Kendati begitu, Pat Riley, presiden Heat, tetap meluangkan tempat untuknya jika ia ingin kembali. Haslem telah menjadi sosok penting dalam kesuksesan mereka di masa lalu. Ia bisa menjadi mentor bagi para pemain muda untuk melakukan hal yang sama.

Selain Haslem, Riley juga meluangkan tempat untuk legenda mereka—Dwyane Wade. Sang presiden dengan senang hati akan menerima Wade kembali. Apalagi garda berkelas All-Star itu belum juga memutuskan kelangsungan karirnya. Namun, ketika Haslem kembali, ada kemungkinan Wade akan menyusul. Tinggal waktu yang menentukan.

Foto: NBA.com

Komentar