IBL

Hingar bingar transaksi musim panas di NBA terus berjalan. Beberapa pemain telah memutuskan karirnya masing-masing. Ada yang menetap, ada pula yang pindah. Namun, bagi Dwyane Wade, pilihannya masih tetap sama: menetap, pindah, atau pensiun. Ia belum juga menentukan itu.

Wade, 36 tahun, mengaku dirinya memang belum bisa menentukan nasib karirnya. Ia memiliki banyak pertimbangan untuk menentukan itu. Namun begitu, ia tetap akan siap jika harus melanjutkan karirnya di NBA.

“Bermain tahun ini atau tidak, saya akan tetap siap untuk bermain,” ujar Wade, seperti dikutip Miami Herald.

Selama musim panas, Wade memang tetap mengisi waktunya dengan latihan. Ia menjaga tubuhnya agar tetap fit untuk melakoni musim baru. Apalagi kini usianya sudah tidak semuda dulu. Heat juga sudah banyak berubah. Komposisi pemain mereka sudah bukan persoalan trio Dwyane Wade, LeBron James, dan Chris Bosh lagi.

Di musim panas yang sama, Wade sempat mendapat tawaran dari klub Cina. Namun, ia tidak juga menerima pinangan itu. Ia perlu memikirkan karirnya masak-masak. Apalagi ia juga tampak masih bisa bermain di NBA. Ia masih memberikan kontribusi kepada timnya meski tampil dari bangku cadangan.   

Musim lalu, misalnya, Wade menghabiskan waktu bersama dua tim. Ia bermain untuk Cleveland Cavaliers di paruh pertama 2017-2018. Namun, saat itu, ia hanya tampil 46 kali dan mencetak rata-rata 11,2 poin, 3,9 rebound, dan 3,5 asis pertandingan. Setelah itu, Cavaliers pun menukarnya ke klub lamanya, Miami Heat.

Kembali bersama Heat, Wade tampil di 21 pertandingan sebagai pemain pengganti. Ia mencetak rata-rata 12 poin, 3,4 rebound, dan 3,1 asis per pertandingan. Dengan catatan itu, ia membantu Heat melaju ke babak playoff.

Di playoff, Wade bermain lima kali. Heat terhenti di putaran pertama karena kalah dari Philadelphia 76ers. Namun, sampai situ saja, klub asal Miami itu melihat potensi Wade masih bisa dimanfaatkan sebagai mentor yang mendidik pemain muda. Pat Riley, presiden klub, bahkan masih mau menerimanya jika suatu waktu Wade ingin kembali.

Sementara Wade masih berada dalam dilema, Udonis Haslem, rekan lamanya di Heat, sudah memperpanjang kontrak dengan tim. Ia berharap bisa pensiun bersama Wade sebagai pemain Heat, terutama karena keduanya telah bermain lama. Selama ini mereka telah menghabiskan banyak waktu bersama, termasuk ketika merengkuh gelar juara NBA tiga kali.

Maka, akankah Wade kembali ke Heat atau bermain di klub lain? Atau justru ia akan pensiun? Jawaban itu masih akan terus mengambang sementara Wade memikirkan kelanjutan karirnya.  

Foto: NBA.com

Komentar