IBL

Musim 2018-2019 menjadi “tarian terakhir” Dwyane Wade sebagai seorang pemain NBA. Ia memutuskan pensiun usai bermain sejak musim 2003-2004. Sepanjang karirnya, ia tercatat pernah bermain untuk Miami Heat, Chicago Bulls, dan Cleveland Cavaliers.

Tim yang disebut pertama menjadi tempat berlabuh paling lama pemain yang akrab dengan julukan “Flash” ini. Total 13,5 musim ia mainkan bersama Heat, satu musim bersama Bulls, dan setengah musim bersama Cavaliers. Dalam prosesnya, Wade berhasil meraih tiga gelar juara yang semuanya ia dapatkan saat membela Heat.

Karir cemerlang tersebut membuat Wade sudah sangat layak disebut sebagai legenda Heat ataupun NBA. Oleh karenanya, saat pengumuman akan pensiun ini dibuat di awal musim 2018-2019, setiap tim NBA menyajikan sebuah video perpisahan untuk Wade. Video-video tersebut cukup emosional, beberapa di antaranya bahkan membuat Wade nyaris meneteskan air mata.

Meski sudah pensiun, Wade tampaknya masih akan berkutat di kehidupan basket. Terbaru, 10 Juli 2019, waktu setempat, melalui akun Twitter pribadinya, Wade mengabarkan bahwa ia, Imagine Entertainment, dan ESPN bekerja sama untuk membuat sebuah film dokumenter. Tidak dijelaskan secara rinci apakah dokumenter ini nantinya berisi satu musim terkahir Wade saja atau secara keseluruhan karirnya.

 “Saya tidak mengira saya akan bisa bermain malam itu. Namun, saya melakukan semuanya demi basket yang saya cintai. Untuk kalian semua, tunggu saja, film dokumenter saya akan tayang di ESPN pada 2020, Imagine Entertainment,” tulis Wade dalam keterangannya.

Unggahan tersebut juga menyertakan potongan film berdurasi 82 detik. Potongan tersebut berisi tentang pertandingan terkahir Wade kala bertandang ke markas Brooklyn Nets. Satu gim sebelumnya, atau di laga kandang terkahirnya, ia melakukan selebrasi naik ke atas meja dan sempat terjatuh. Hal tersebut ternyata membuatnya sedikit mengalami cedera. Sempat diragukan tampil di gim terakhir, Wade memaksa diri dan tampil brilian di hadapan penonton yang memadati Barclays Center.

Akan sangat menarik menanti bagaimana Wade dan timnya mengemas sebuah film dokumenter berisi perjalanan karir 15 tahunnya di NBA. Berapa lama durasi filmnya juga akan seru ditunggu. Pasalnya, jika berbicara karir keseluruhan Wade sejak bangku kuliah, mungkin waktu dua jam (rata-rata durasi film) tak akan cukup. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar