IBL

LeBron James memasuki musim ke-21 pada usia 39 tahun. Bintang Los Angeles Lakers itu juga baru saja mencatat penampilan ke-20 di NBA All-Star 2024. Cepat atau lambat, Sang Raja akan meninggalkan panggung NBA. Lalu siapakah yang akan menjadi ikon NBA berikutnya? LeBron memilih untuk tidak memilih.

“Saya tidak berpikir tentang, oke pemain ini yang jadi orang berikutnya. Anda harus membiarkan hal ini berjalan secara alamiah dan lihat apa yang terjadi. Tetapi kami memiliki banyak pemain hebat di liga ini yang bisa membawa apapun selama mereka berpikir seperti itu,” kata LeBron dilansir melalui ESPN.

LeBron menjadi ikon NBA dalam dua dekade terakhir. Ia menjadi penerus popularitas NBA setelah Michael Jordan. Liga mencapai rekor rating dan kejayaan pada tahun 1990-an atau saat Jordan mencapai hattrick bersama Chicago Bulls. Usai Jordan gantung sepatu, terjadi kekosongan hingga muncullah LeBron pada 2003.

“Saat saya masuk ke liga, saya tidak merasa menggantikan siapapun. Saya tidak menganggap diri saya sebagai Michael berikutnya atau penerus Michael. Hal yang saya pikirkan adalah saya harus memulai dari awal,” kata pencetak skor terbanyak NBA itu.

LeBron menjadi angkatan terakhir pemain SMA yang bisa langsung mengikuti NBA Draft pada 2003. Ia menjadi pilihan pertama oleh Cleveland Cavaliers. Tahun pertama LeBron menjadi ruki terbaik. Tahun berikutnya selalu masuk All-Star. Begitulah sejarah berlanjut hingga LeBron mengumpulkan 4 cincin, 4 MVP Final, dan 4 MVP NBA.

“Saya membangun reputasi saya sejak SMA dari tahun pertama, dari saat saya berusia 14 tahun. Saya berpikir bagaimana saya bisa menjadi terkenal di St.Vincent-St.Mary hingga menjadi pemain nomor satu di negeri ini,” kata salah satu atlet terkaya di dunia itu.

Saat berbicara soal suksesor LeBron, nama Victor Wembanyama mencuat. Tidak seperti Jordan dan LeBron yang merupakan pemain Amerika Serikat, tempat NBA. Wemby dari Prancis, Eropa.

Kemunculan Wemby menjadi sensational mengingat ia memiliki paket lengkap sebagai pemain. Sesuai prediksi, Wemby menjadi pilihan pertama NBA Draft 2023 oleh San Antonio Spurs. Dan tampaknya akan menjadi Rookie of the Year 2024. Langkah awal yang hampir serupa dengan Jordan dan LeBron.

Selain itu, ikon NBA berikutnya baru diakui jika membintangi film animasi-aksi Space Jam. Seperti halnya Jordan dan LeBron. Hehehe. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar