IBL

Usia hanyalah deretan angka. Tapi bagaimana dengan LeBron James? Karena baginya, usia ke-39 tahun menjadi penanda bahwa dirinya layak disebut legenda, dengan deretan prestasi dan rekor yang telah dicapai. LeBron, seorang atlet yang telah berkali-kali menorehkan namanya dalam sejarah NBA, serta meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam olahraga bola basket itu sendiri. 

LeBron terpilih sebagai urutan pertama dalam Draft NBA tahun 2003 oleh Cleveland Cavaliers. Dia menghabiskan tujuh musim di sana, dan membawa Cavaliers ke Final NBA pertama dalam sejarah klub. LeBron baru pindah setelah dirinya berstatus "free agent".

Pada tahun 2010, pemain kelahiran 30 Desember 1984 tersebut merapat ke Miami Heat. Bersama tim tersebut, LeBron mengamankan tidak hanya satu gelar, melainkan dua gelar juara NBA. Setelah empat tahun, LeBron memutuskan untuk kembali ke Cavaliers, dan mencoba mencatatkan warisan untuk klub pertamanya. Selama empat tahun di Cleveland, LeBron berhasil menorehkan sejarah baru dengan memenangkan gelar juara NBA 2016 untuk klub tersebut. 

Pada tahun 2018, LeBron memutuskan untuk bergabung dengan Los Angeles Lakers, di mana dia berhasil menambah koleksi trofi Larry O'Brien Lakers di tahun 2020. Sampai sekarang, LeBron masih setia bersama Lakers. Kontraknya akan berakhir pada tahun 2025. 

Banyak rekor pribadi yang telah ditorehkan oleh LeBron James, selain memiliki empat cincin juara NBA. LeBron adalah pencetak poin terbanyak sepanjang masa dengan catatan 39.380 poin hingga penghujung usia ke-38. LeBron telah terpilih menjadi NBA All-Star sejak tahun 2005 hingga 2023. Dia adalah satu-satunya pemain dengan catatan lebih dari 10 ribu poin, 10 ribu rebound, dan 10 ribu asis. 

LeBron terpilih sebagai MVP NBA empat kali (2009, 2010, 2012, 2013) dan MVP Final NBA (2012, 2013, 2016, 2020). Dia juga peraih medali emas Olimpiade dua kali. Ini hanyalah sedikit dari segudang prestasi dan rekor LeBron. Sulit untuk membantah bahwa LeBron adalah salah satu atlet terhebat di zaman kita. Diakui oleh banyak ahli sebagai salah satu pemain bola basket terbaik dalam sejarah, beberapa spesialis menempatkan LeBron James di puncak olahraga ini. Meski masih ada perdebatan mengenai LeBron dan Michael Jordan sebagai Greatest Of All Time (GOAT). 

Dari data Sky Sports, LeBron James masih menjadi pembicaraan utama di media sosial tahun 2023 dengan 2,8 miliar unggahan mengenai dirinya. LeBron mengalahkan beberapa bintang NBA yang juga tersohor di media sosial pada tahun 2023, seperti Stephen Curry (1,6 miliar unggahan), Victor Wembanyama (1,3 miliar unggahan), Nikola Jokic (1,2 miliar unggahan), dan Nikola Jokic (914 juta unggahan) sepanjang tahun. 

Selamat ulang tahun ke-39, LeBron James. (*)

Foto: RONALD MARTINEZGetty Images via AFP

Komentar