IBL

GMC Cirebon kembali menundukkan Merpati Bali. Dalam laga yang berlangsung hingga babak overtime, GMC menang dengan skor 78-75, di GMC Arena, Kamis, 6 Februari 2020. Sebelumnya pada pramusim Piala Srikandi di Pekanbaru, 12-18 Januari lalu, GMC juga berhasil mengalahkan Merpati dengan keunggulan 75-62.

Pertemuan pertama di musim reguler ini berlangsung sengit. Sebab, sebelum pertandingan, status kedua tim belum pernah kalah. Jadi GMC dan Merpati terlibat perebutan puncak klasemen sementara.

GMC memimpin 22-21 di babak pertama. Kemudian, Merpati bangkit di kuarter ketiga, hingga mampu membalikkan keadaan menjadi 48-43. Drama pun terjadi di menit-menit akhir kuarter keempat. Lamia Rasidi membuat Merpati unggul empat poin (63-59) lewat tembakan tripoin. Setelah itu, GMC punya kesempatan menyamakan kedudukan melalui dua poin dari Dara Tahirah dan dua tembakan bebas dari Faizatus Shoimah. Skor sama kuat 63-63 menutup kuarter keempat.

Di babak tambahan waktu (overtime), kedua tim masih terlibat jual beli serangan. Pengalaman Anjelin pun jadi modal untuk mengamankan keunggulan. Di gim ini, Anjelin sendiri membukukan 31 poin. Kemudian ada Adelaide Calista Wonsohardjo yang mengoleksi 15 poin, serta Faizatus Shoimah dengan tambahan 14 poin.

"Saya beri apresiasi untuk pemain karena mereka bisa menahan gempuran tim Merpati. Mereka tim bagus. Gim seperti ini akan membuat liga semakin menarik," kata Njoo Lie Fan, kepala pelatih GMC.

Merpati sebenarnya punya kesempatan untuk menyeret laga ke overtime kedua, namun tembakan tripoin Kadek Pratita Citta Dewi tidak menemui sasaran. Citta mencetak 22 poin, diikuti Agustin Elya Gradita Retong dengan tambahan 14 poin, dan Regita Pramesti mengoleksi 10 poin.

"Ada pemain-pemain yang tidak berani bertarung malam ini. Buktinya, mereka membiarkan Anjelin bebas mencetak poin. Ini akan segera kami evaluasi," ucap Bambang Asdianto Pribadi, kepala pelatih Merpati.

Lewat kemenangan ini, GMC menduduki puncak klasemen sementara dengan rekor 3-0. GMC masih menyisakan dua laga lagi di seri pertama ini. (tor)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar