IBL

Jumat malam, 1 November 2019, Federasi basket dunia (FIBA) secara resmi mengumumkan empat tim 3X3 per kategori (putra dan putri) yang lolos langsung ke Olimpiade 2020 Tokyo. Ini akan menjadi Olimpiade pertama untuk basket 3X3. Nantinya, delapan tim putra dan delapan tim putri akan bertanding di Aomi Urban Sports Venue, 25 – 29 Juli 2020.

Empat tim yang lolos langsung di bagian putri adalah Rusia, Cina, Mongolia, dan Rumania. Sementara  di bagian putra, Serbia, Rusia, dan Cina menemani tuan rumah, Jepang.

Delapan tim tersebut lolos langsung berdasarkan rangking mereka di FIBA 3X3 (kecuali tim putra Jepang). Rangking ini didapatkan dengan menjumlahkan poin rangking individu FIBA 3X3. Tak hanya dari performa para pemain negara yang bersangkutan, kegiatan 3X3 di negara tersebut juga menjadi faktor penilaian. Tujuh tim tersebut adalah yang tertinggi per 1 November 2019.

Di luar delapan tim yang sudah lolos, FIBA akan menggelar Olympic Qualifying Tournament (OQT) yang akan diikuti 20 tim dari per kategori. Turnamen ini akan digelar pada bulan Maret di India dan nantinya akan ada tiga tiket lolos per kategori yang diperebutkan.

Tim yang berhak tampil di OQT adalah tim yang menjadi tuan rumah OQT dan Olimpiade (India dan Jepang), tim yang meraih medali di Piala Dunia 3x3 2019, dan tim tertinggi secara rangking FIBA 3X3. Tim nasional putri Indonesia masuk dalam daftar ini. Indonesia menempati Pool A bersama Prancis, Amerika Serikat, Jerman, dan Uruguay.

Satu tiket tersisa lainnya diperebutkan di Universality Olympic Qualifying Tournament (UOQT) yang akan digelar di Budapest, Hungaria, April 2020. Di turnamen ini, enam tim putra dan enam tim putri yang masuk adalah mereka yang memiliki rangking tertinggi di FIBA 3X3 atau tim yan tidak pernah mengirimkan perwakilan di basket konvensional dalam dua gelaran olimpiade terakhir.

Jika ada dari tim peserta UOQT yang sudah memastikan lolos melalui OQT, maka posisi mereka akan digantikan oleh tim-tim yang ada di daftar tunggu. Masing-masing kategori memiliki tiga tim yang ada di daftar tunggu. (DRMK)

Foto: FIBA

 

Komentar