IBL

Penampilan luar biasa ditunjukkan tim putra Serbia dan tim putri Amerika Serikat (USA) di 3x3 Olimpiade Tokyo. Serbia punya Dusan Domovic Bulut yang diakui sebagai pemain 3x3 nomor satu dunia. Sedangkan tim putri Amerika Serikat punya Allisha Grey.

Di kategori putra, Serbia memang jadi tim unggulan pertama. Sampai hari kedua, mereka belum terkalahkan. Serbia menang 16-15 dari Belanda, menang 21 14 atas Belgia. Kemudian menundukkan Polandia dengan skor 15-12, dan menang atas Tiongkok (22-13).

Serbia meledak ketika berhadapan dengan Belgia. Dusan Bulut alias 'Mr Bulutproof' kembali ke performa terbaiknya dengan mencetak 13 poin dari 16 poin timnya. Bulut sejauh ini sudah mengoleksi 31 poin dalam 4 laga. Dia ada di urutan keempat untuk percetak poin terbanyak.

Serbia sebenarnya sudah lolos ke babak knock-out. Tapi mereka masih menyisakan tiga pertandingan lagi, yaitu melawan Latvia, Jepang, dan Russian Olympic Committee. Pesaing terdekatnya adalah Latvia dan Belanda.

Sementara di sektor putri, Amerika Serikat untuk sementara mendominasi kompetisi. Mereka belum kalah dari empat pertandingan. Amerika Serikat menang 20-16 dari Russian Olympic Committee, menang 17-10 dari Perancis, 22-11 dari Rumania, dan 21-9 dari Mongolia. Dengan hasil tersebut, Amerika Serikat menduduki peringkat pertama di klasemen.

Bintang 3x3 putri Amerika Serikat kali ini adalah Allisha Gray. Dia berperan penting saat mengambil kemenangan penting dari ROC. Gray mencetak 8 poin, 6 rebound, dan 3 blok. Kemenangan tersebut sangat penting bagi USA, mengingat ROC jadi pesaing terberat mereka. Justru Amerika Serikat tidak mendapatkan tekanan berarti dari unggulan pertama, Prancis.

Tiga pemain putri Amerika Serikat ada di 10 besar pencetak poin terbanyak. Kelsey Plum di urutan kedua dengan catatan 29 poin dari 4 laga. Stefany Dolson mencetak 23 poin, dan Allisha Gray di urutan ke-10 dengan 22 poin.

Untuk hari ketiga, 26 Juli 2021, masih ada babak penyisihan. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar