IBL

Hari pertama cabang olahraga basket 3x3 di Olimpiade digelar, Sabtu, 24 Juli 2021. Total ada 16 pertandingan di hari pertama ini dengan pembagian rata untuk sektor putra dan putri.

Di sektor putra, bermain dua kali, Serbia menyapu bersih kemenangan. Mereka menang 22-13 atas Tiongkok dan mengakhiri perlawanan sengit Belanda dengan skor 16-15. Serbia adalah unggulan pertama di sektor putra dengan kehadiran legenda 3x3, Dusan Bulut. Serbia jadi satu-satunya tim yang bermain dua kali dan meraih dua kemenangan.

Di belakang Serbia, ada enam tim yang masing-masing meraih satu kemenangan dari dua gim. Namun, Latvia duduk di peringkat dua karena unggul secara produktivitas poin. Latvia total mencetak 41 poin dalam dua gim atau 20,5 poin per gim. Catatan ini bahkan lebih baik dari Serbia dengan 19 poin per gim. Cina jadi satu-satunya tim yang gagal menang di hari pertama. Mereka kalah atas Serbia dan Russian Olympic Committee.

Di sektor putri, tuan rumah, Jepang, menorehkan rekor (1-1). Mereka kalah 21-18 dari Russian Olympic Committee (ROC) dan bangkit menang 20-8 atas unggulan empat, Rumania. Jepang sendiri tercatat sebagai unggulan keenam. 

Putri Amerika Serikat sebagai unggulan kedelapan mengejutkan Prancis yang berstatus unggulan pertama dengan skor 17-10. Amerika Serikat melanjutkan catatan apik mereka dengan membungkam Mongolia dengan skor 21-9.

Meski menang dua kali, Amerika Serikat bukanlah pemuncak klasemen. Russian Olympic Committee jadi pemuncak klasemen setelah mengalahkan Tiongkok di gim kedua dengan skor 19-9. Total 40 poin di dua gim Russian Olympic Committee lebih banyak dari Amerika Serikat dengan 38 poin. (DRMK)

Foto: FIBA/Olimpiade

Komentar