TIMNAS

Memphis Grizzlies telah mencanangkan rencana pembangunan ulang (rebuild) skuat sejak dua musim lalu. Era “Grit and Grind” yang sempat membawa Grizzlies selalu lolos ke playoff dalam kurun 2011-2017 sudah tak lagi relevan sekarang. Secara perlahan, anggota era tersebut tersingkir dari tim dan digantikan oleh deretan pemain muda.

Salah satu pemain muda yang dipersiapkan untuk menjadi wajah baru Grizzlies adalah Jaren Jackson Jr.. Pemain ini datang usai Grizzlies melakukan tanking dan finis di peringkat 14 Wilayah Barat dua musim lalu. Hasilnya, di NBA Draft 2018, Grizzlies mendapatkan hak memilih di urutan keempat yang berujung pada datangnya alumnus Michigan State University ini.

Namun, ternyata keputusan tersebut membawa berkah tersendiri. Jaren tampil memmukau di musim pertamanya dengan catatan 13,8 poin, 4,7 rebound, dan 1,4 blok per gim dari 58 laga yang ia lalui. Catatan tersebut membuatnya masuk ke jajaran NBA All-Rookie First Team. Selain itu, ia juga tercatat tampil di laga Rising Star NBA  All Star.

Segala catatan apik tersebut membuat Grizzlies tak pikir panjang untuk menjadikan Jaren salah satu fondasi utama tim di masa depan. Dilansir lama resmi tim, Grizzlies telah mengambil opsi tim untuk musim ketiga Jaren. Yang artinya, Jaren akan bertahan dengan tim hingga musim 2020-2021. Tak sendiri, Grizzlies juga mengamankan jasa pemain muda lainnya, Grayson Allen.

Berbeda dengan kisah Jaren, Allen datang baru di musim panas kali ini. Ia masuk dalam paket pertukaran yang membuat anggota terakhir yang tersisa dari era “Grit and Grind,” Mike Conley, pindah ke Utah Jazz. Allen tak banyak mendapat kesempatan bermain musim lalu. Ia tercatat hanya bermain 38 kali dan mengemas rataan 5,6 poin selama 10,9 menit per gim. Namun, dalam laga terkahir Jazz musim lalu, Allen menunjukkan performa impresif dengan mengemas 40 poin. Itu adalah catatan poin tertinggi kedua pemain ruki musim lalu.

Kesepakatan ini membuat sedikit banyak gambaran masa depan Grizzlies sudah terlihat. Jaren dan Allen akan berusaha disatukan dengan deretan pemain muda lainnya seperti Ja Morant, Dillon Brooks, Brandon Clarke, Bruno Caboclo, dan Josh Jackson. Jika semuanya berjalan dengan benar, bukan tidak mungkin era baru Grizzlies akan tercipta dari anak-anak muda ini. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar