IBL

Timnas 3x3 Putri Indonesia dijadwalkan menjalani tiga kali try-out (uji coba) pada turnamen-turnamen internasional. Ini merupakan bagian dari program pemusatan latihan timnas 3x3 putri untuk SEA Games 2019 Manila. Timnas 3x3 putri sudah mengikuti Piala Dunia 3x3 U23 FIBA 2019 dan ANOC World Beach Games 2019. Pada uji coba ketiga, mereka akan diperkuat oleh Peyton Whitted.

Timnas 3x3 putri mengikuti Piala Dunia 3x3 U23 FIBA di Cina pada 3-6 Oktober lalu. Empat pemain yang dibawa adalah Jovita Elizabeth Simon, Deniece Adriana Gunarto, Dyah Lestari, dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi. Mereka pulang dengan tangan hampa, karena kalah empat kali di babak penyisihan. Sehingga Indonesia menempati urutan terbawah di klasemen.

Baca juga: Timnas Putri Indonesia Pulang dengan Tangan Hampa dari Piala Dunia 3x3 U23 2019

Setelah pulang dari Cina, timnas 3x3 putri menuju Doha, Qatar. Kali ini mereka mengikuti ANOC World Beach Games 2019, pada 13-16 Oktober. Empat pemain yang berangkat adalah Dyah Lestari, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, Jovita Elizabeth Simon, dan Christie Apriyani Rumambi. Nama terakhir menggantikan Denice Gunarto.

Pergantian pemain bertujuan untuk mencari komposisi terbaik pada SEA Games 2019 nanti. "Memang belum diputuskan untuk tim SEA Games, jadi kami masih menimbang performa masing-masing pemain dalam try-out ini," kata Anthony Gunawan selaku pelatih timnas 3x3 putri.

Anthony mengeluhkan para pemain masih belum konsisten dalam menjalankan strategi permainan. Contohnya saat mereka kalah melawan Uganda (8-12) di laga penyisihan pertama WBG 2019.

"Game-plan sebelumnya sudah saya berikan. Tetapi para pemain tidak konsisten menjalankan strategi itu. Saya arahkan untuk memperkuat box-out karena lawan (Uganda) agresif di offensive rebound. Karena tidak mematuhi itu, maka terjadilah hal yang ditakutkan. Sembilan dari 12 poin Uganda dicetak dari second-change," cerita Anthony.

Mereka pun gagal lolos ke babak selanjutkan karena kalah dari Cina 10-21. Sementara Indonesia hanya menang sekali melawan Togo dengan skor 17-7. Indonesia menempati urutan ketiga, di bawah Cina dan Uganda.

Setelah pulang dari Doha, Qatar, timnas 3x3 putri akan melakukan uji coba ketiga. Kali ini Anthony Gunawan belum memberikan penjelasan mengenai turnamen yang diikuti. Namun pada uji coba ketiga nanti akan dimasukkan nama Peyton Whitted. Pemain naturalisasi yang disiapkan timnas 3x3 putri untuk SEA Games 2019 mendatang.

"Kami belum tentukan turnamennya, yang jelas bisa saja akhir Oktober atau awal November nanti. Namun pada try-out ketiga nanti kami akan membawa Peyton," katanya.

Uji coba ketiga direncanakan pada awal November mendatang. Setelah itu, akan ditetapkan empat nama yang akan dibawa ke Manila, pada awal bulan Desember. (tor)

Foto: 3x3 Indonesia

Komentar