IBL

Tim Nasional 3x3 Putri Indonesia gugur setelah kalah empat kali di babak penyisihan FIBA 3x3 World Cup 2019 di Belanda. Di hari pertama, Selasa 19 Juni 2019, Indonesia kalah telak dari Selandia Baru dan Rusia. Hari ini, Jumat 21 Juni 2019, Indonesia menyerah 5-22 dari Ukraina, lalu kalah 9-17 dari Italia.

Pada turnamen tahun ini Indonesia diperkuat oleh Tricia Mary Aoijs, Christie Apriani Rumambi, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, dan Dyah Lestari. Pada babak penyisihan hari pertama, mereka kalah 3-21 dari Selandia Baru, dan menyerah 5-22 dari Rusia.

Baca Juga: Timnas 3x3 Putri Indonesia Kalah Telak dari Selandia Baru dan Rusia

Indonesia menjalani dua pertandingan sisa di penyisihan Grup D FIBA World Cup 2019. Kali ini mereka melawan Ukraina dan juara bertahan Italia.

Indonesia kalah telak 5-22 dari Ukraina. Tim lawan perkasa karena memiliki Yevheniia Spitkovska dan Olga Maznichenko. Mereka sama-sama mencetak delapan poin. Olga juga menambahkan 10 rebound dari total 20 rebound yang dikumpulkan Ukraina.

Sementara di kubu Indonesia, Tricia Mary Aoijs mencetak tiga poin, disusul Christie Rumambi dan Ayu Sriartha dengan sumbangan masing-masing satu poin. Indonesia punya kesempatan menyerang (possessions) sebanyak 33 kali. Dari jumlah tersebut mereka hanya memasukkan empat dari 25 percobaan tembakan.

Pada laga terakhir babak penyisihan Grup D, Indonesia berhadapan dengan Italia. Indonesia mampu memberikan perlawanan di laga ini. Tetapi di menit-menit akhir, Indonesia gagal menghentikan Rae Lin D'Alie. MVP FIBA 3x3 World Cup 2019 itu mencetak 10 poin, termasuk dua kali tembakan dua poin.

Rae menjadi pemain kunci Italia di laga ini. Ia mampu mencetak poin empat kali dari lay-up. Rae juga mengirimkan tiga asis ke rekan-rekannya. Di samping itu, Marcella Filippi dan Giulia Ciavarella sama-sama menyumbang tiga poin.

Tricia Mary Aoijs kembali menjadi tumpuan Indonesia dengan mencetak lima poin, diikuti Ayu Sriartha tiga poin, dan Dyah Lestari satu poin. Ini merupakan poin tertinggi Indonesia selama di FIBA 3x3 World Cup 2019.

Indonesia harus pulang lebih dulu dari gelaran akbar tahun ini. Sama seperti gelaran tahun 2018. Saat itu, Indonesia yang diperkuat oleh Yusranie Assipalma, Husna Latifah, Jovita Elizabeth, dan Fanny Kalumata juga kalah empat kali di penyisihan. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar