IBL

Timnas 3x3 Putri Indonesia akan bertanding di FIBA 3x3 World Cup 2019. Turnamen tersebut berlangsung di Amsterdam, Belanda, pada 18 hingga 23 Juni 2019. Indonesia berada di Grup D untuk babak penyisihan. Ini merupakan grup paling berat karena berisi juara bertahan Italia, dan runner-up tahun lalu yaitu Rusia.

Empat pemain Indonesia yang berangkat ke Belanda adalah Tricia Mary Aoijs, Christie Apriyani Rumambi, Dyah Lestari, dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi. Mereka berangkat ke Belanda didampingi oleh dua pelatih yaitu Anthony Gunawan dan Fandi Andika Ramadhani.

Di babak penyisihan, Indonesia masuk Grup D. Grup paling berat karena berisi finalis FIBA 3x3 World Cup 2018. Lawan paling berat tentu Italia sebagai juara edisi sebelumnya. Komposisi tim pun tidak berubah, yaitu Guilia Ciavarella, Rae Lin D'Alie, Marcella Filippi, dan Guilia Rulli. Italia pada edisi 2018 di Filipina menjadi juara setelah menundukkan Rusia dengan skor 16-12.

Ternyata Rusia pada edisi 2019 juga berada satu grup dengan Indonesia. Sebagai runner-up tahun lalu, Rusia masih diperkuat oleh Liudmila Sapova. Pemain berusia 35 tahun itu memimpin tiga rekan baru yaitu Evgeniia Frolkina, Olga Frolkina, dan Alexandra Stolyar.

Selain Italia dan Rusia, Indonesia juga akan berhadapan dengan Ukraina dan Selandia Baru. Kedua negara tersebut tahun lalu tidak ikut. Namun tahun ini Ukraina menjadi unggulan ketujuh. Karena tim ini diperkuat oleh Krystyna Filevych, pemain 3x3 peringkat 605 dunia. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar