TIMNAS

Tim Nasional 3x3 Putri Indonesia memiliki semangat baru menjelang pergelaran SEA Games 2019 Manila. Mereka menargetkan medali emas di gelaran tersebut. Cabang olahraga basket 3x3 digelar pada 1-2 Desember di FIL OIL FLYING V ARENA, San Juan, Metro Manila.

Timnas 3x3 putri Indonesia dilatih oleh Fandi Andika Ramadhani dan Anthony Gunawan beranggotakan Dewa Made Ayu Sriartha, Jovita Elizabeth, Peyton Alexis Whitted, dan Deniece Adriana Gunarto. Peluang putri mendapatkan medali emas cukup besar. Hal itu dibenarkan oleh pelatih Fandi Andika Ramadhani dan Anthony Gunawan.

"Kami ingin membawa pulang medali emas," papar Anthony, saat bertemu awak media, Rabu, 27 November 2019.

Pada pergelaran SEA Games 2019 ini, Indonesia mendapat suntikan tenaga. Pemain naturalisasi Peyton Alexis Whitted resmi menjadi warga negara Indonesia. Pengesahan tersebut sekaligus menggantikan posisi yang sebelumnya diisi oleh Faizatus Shoimah.

"Sebelumnya kami memasukkan Faizatus Shoimah untuk SEA Games. Dia merupakan pemain muda dan ideal untuk 3x3. Oleh sebab itu kami masukkan namanya di tim SEA Games, yang kami harap bisa mengubah perspektif Faizatus pada 3x3. Meski akhirnya namanya dicoret karena Peyton sudah resmi WNI," ucap Rama.

Peyton Alexis Whitted merupakan pemain bola basket profesional. Ia pernah mengantar klub basket Bulldogs ke semifinal pada pertandingan junior di Amerika Serikat pada 2013. Atlet kelahiran Amerika Serikat itu telah mendapat persetujuan naturalisasi dari Komisi III dan Komisi X DPR-RI pada Kamis, 7 November 2019. Dengan tinggi badan 192 dan usia menginjak 24 tahun merupakan poin unggulan bagi skuad basket Indonesia.

"Saya senang bisa memperkuat tim Indonesia," ucap Peyton.

Melihat jadwal pertandingan, Indonesia akan menghadapi lawan Thailand di laga pertama pada 1 Desember. Laga kedua akan dimainkan lawan Vietnam. Baru pada sesi kedua di hari pertama 3x3, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Filipina. Pada hari kedua, Indonesia menghadapi Myanmar dan Malaysia.(tor)

Foto: 3x3indonesia

Komentar