IBL

Timnas Basket Putri Indonesia akan memulai perjalanannya di SEA Games 2023. Pada Sabtu (6/5), PP Perbasi resmi mengumumkan roster untuk tim 5x5. Sedangkan roster tim 3x3 putri sudah dirilis pada 2 Mei lalu, bersamaan dengan daftar pemain timnas putra.

Roster Timnas Putri kali ini tidak mengalami perubahan signifikan. Mereka tetap mempertahankan sebagian besar skuad SEA Games sebelumnya. Dari 12 nama yang dibawa ke Kamboja ini, hanya ada tiga nama “baru”.

Baca juga: Daftar Pemain Timnas Basket Putra di SEA Games 2023

Mereka adalah Dewa Ayu Made Sriartha, Peyton Whitted, dan Priscilla Karen. Mereka menggantikan tiga pemain edisi sebelumnya yaitu Mega Nanda Perdana Putri, Angelica Jennifer Candra, dan Gabriel Sophia.

Adapun Ayu pada SEA Games 2022 lalu masuk skuad Timnas 3x3. Ia turut menyumbang medali perunggu bersama dengan tim yang diperkuat oleh Adelaide Wongsohardjo, Kimberley Pierre-Louis, dan Nathania Orville.

Sedangkan Whitted sendiri sudah menjadi WNI sejak 2019. Proses naturalisasinya bersamaan dengan pesepakbola Fabiano Beltrame. Whitted pernah memperkuat Timnas 3x3 Indonesia pada SEA Games 2019 Filipina.

Capaian Timnas Putri di SEA Games memang semakin meningkat. Pada SEA Games 2022 lalu mereka meraih perak. Dengan bertambahnya Peyton dan Ayu dalam roster SEA Games 2023 ini, Timnas Putri diharapkan lebih solid. Minimal bisa mempertahankan capaian sebelumnya.

Timnas Putri akan menjalani laga perdana di SEA Games 2023 pada Selasa (9/5) mendatang dengan melawan Vietnam pukul 09.00 WIB. Setelah itu mereka akan menjalani lima gim beruntun salam satu pekan ini.

Baca juga: Menang 2 Gim Fase Grup, Timnas 3x3 Putri Jumpa Vietnam di Semifinal

Sementara itu Timnas 3x3 sendiri sudah memastikan diri lolos ke semifinal SEA Games 2023. Besok mereka akan melawan Vietnam di semifinal. Jika lolos, mereka berpeluang melawan Kamboja atau Filipina di babak final pada malam harinya. Jika kalah, masih ada peluang pada perebutan medali perunggu.

Timnas 3x3 kali ini diperkuat oleh Adelaide Wongsohardjo, Agustin Gradita Retong, Dyah Lestari, dan Kimberley Pierre-Louis. Mereka juga masuk dalam tim 5x5. Dari hasil penyisihan grup nomor 3x3, mereka mengemas dua kemenangan dalam tiga gim. (rag)

 

Timnas Basket Putri:

Adelaide Wongsohardjo
Agustin Gradita Retong
Clarita Antonio
Dewa Ayu Made Sriartha
Dyah Lestari
Henny Sutjiono
Kadek Pratita Citta Dewi
Kimberley Pierre-Louis
Nathania Orville
Peyton Whitted
Priscilla Karen
Yuni Anggraeni

 

Timnas Basket 3x3 Putri:

Adelaide Wongsohardjo
Agustin Gradita Retong
Dyah Lestari
Kimberley Pierre-Louis

 

Foto: Yoga Prakasita

Komentar