IBL

Timnas putri Indonesia melanjutkan tren positif. Mereka meraih kemenangan ketiga di SEA Games 2023. Tidak seperti dua gim sebelumnya, kali ini Indonesia meraih kemenangan meyakinkan atas Malaysia 85-77 pada Kamis (11/5) di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.

Dalam gim tersebut Indonesia mengamankan keunggulan lima menit sejak tepis mula. Henny Sutjiono dkk bahkan menahan Malaysia untuk tidak mencetak lebih dari 18 poin dalam setiap kuarternya. Membuat Indonesia menang cukup nyaman atas Malaysia.

Indonesia mencetak lebih dari separuh poin dari paint area. Mereka menerobos pertahanan Malaysia dengan mencetak 44 poin dari paint area. Selain itu Indonesia berhasil membuat 27 poin dengan memanfaatkan 24 turnover Malaysia.

“Kami fokus untuk defense dulu. Kalau defense bagus, offense juga akan bagus. Teman-teman sudah melakukan hal itu dengan baik dan offense juga sesuai dengan plan dari pelatih,” kata Priscillia Annabel Karen usai pertandingan.

Hampir semua pemain Indonesia menyumbang poin. Kimberley Pierre-Louis masih menjadi tulang punggung dengan raihan skor terbanyak. Kimberley mencetak 18 poin, 7 rebound, dan 3 asis. Ia memasukkan 7 tembakan termasuk 2 tripoin.

Peyton Whitted memberikan 16 poin. Tampil selama 22 menit, Peyton juga mencetak 6 rebound dan 3 steal. Dari bangku cadangan Dyah Lestari menyumbang 9 poin , 4 rebound, dan 2 steal.

Sementara itu ada dua pemain Malaysia mencetak dua digit poin. Hui Pin Lang dominan dalam 11 poin, 5 rebound, dan 4 steal. Sin Jie Tan juga memberikan 11 poin dari 5/7 tembakan.

Besok Indonesia akan menghadapi lawan yang menantang. Indonesia akan bertemu dengan Filipina pada pukul 13.00 WIB. Untuk nomor 5x5 putri, SEA Games 2023 ini tetap menggunakan sistem round robin dimana seluruh peserta bertemu dan mengumpulkan poin terbanyak.

“Paling berat besok lawan Filipina. Pada SEA Games yang sebelumnya kami kalahnya cuma sama Filipina. Fokus kami mau fight lawan mereka dan mengambil gim tersebut,” lanjut Karen. (rag)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar