IBL

Timnas 3x3 Putri lolos ke babak semifinal SEA Games 2023. Mereka akan melawan Vietnam. Pertandingan semifinal akan berlangsung besok pukul 09.00 WIB di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.

Jika lolos dari semifinal, Timnas 3x3 Putri berpeluang bertemu Kamboja atau Filipina. Pertandingan puncak akan digelar pada pukul 12.00 WIB. Sedangkan perebutan medali perunggu pada pukul 11.00 WIB.

Timnas 3x3 Putri menjalani babak penyisihan grup dengan mengemas dua kemenangan dari tiga pertandingan. Mereka mengawali pertandingan dengan kemenangan meyakinkan 21-11 atas Singapura. Kemenangan itu diraih dengan menyisakan waktu pertandingan 1 menit 10 detik.

Kemudian kemenangan kedua diraih dengan menumbangkan Malaysia 21-12. Sayangnya, Timnas 3x3 Putri harus puas berada di posisi kedua babak grup. Sebab, pada gim terakhir penyisihan, mereka harus mengakui keunggulan tuan rumah Kamboja 13-14.

Pada gim terakhir itu, kedua tim imbang 12-12 pada menit terakhir. Tembakan dua angka Kamboja membuat mereka unggul. Sayangnya, kesempatan terakhir Kimberley Pierre-Louis gagal menghasilkan angka.

Pelatih July Wong mengatakan bahwa sebenarnya hasil undian babak grup ini cukup mudah. Tetapi Kamboja memang memberikan perlawanan yang seimbang. Meski gagal menyapu bersih fase grup, mereka langsung mengalihkan fokus ke gim semifinal melawan Vietnam besok.

“Vietnam lebih hustle. Kecil-kecil tapi hustle. Kami ada strategi dengan menjaga lebih hustle dan lebih agresif dalam defense. Kami bisa menang karena ada big man Tari (Dyah Lestari) dan Kim. Kami manfaatkan itu jadi kekuatan kami,” kata July kepada Humas PP Perbasi.

July optimis timnya bisa lolos ke babak puncak dan mempersembahkan medali. “Saya malah yakin melawan Vietnam karena kami menang size di small man kami ada Dita (Agustin Gradita) dan Adelaide. Mereka juga hustle dan tripoin juga oke,” lanjutnya.

Sementara itu dari pul A, Vietnam berhasil memenangkan Filipina melalui perpanjangan waktu 21-19, kemudian menekuk Thailand 16-13, dan menumbangkan Laos 22-6. Untuk Filipina sendiri menang 21-6 atas Laos dan unggul 14-8 dari Thailand. (rag)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar