IBL

Tim nasional (timnas) putri Indonesia mencetak sejarah. Mereka meraih perunggu dalam ajang FIBA 3x3 Asia Cup 2022. Pada perebutan posisi ketiga tersebut, tim Merah Putih mengalahkan Jepang 21-17 di Central Singapore pada Minggu (10/7).

Dalam gim tersebut Agustin Gradita mencetak empat poin. Tembakan gratisnya pada  satu detik terakhir juga memastikan kemenangan Indonesia. Kimberley Pierre-Louis menyumbang 14 poin. Disusul Adelaide Callista dengan tiga poin. Sedangkan Dyah Lestari tidak mencetak poin.

“Ini capaian yang luar biasa bagi Indonesia di kategori 3x3 Putri karena baru kali pertama finish di urutan tiga Asia. Capaian ini berkat anak2 yang tidak mau menyerah. Mereka tetap fight siapapun lawan yang dihadapi,” kata pelatih July Wong dalam keterangan resminya usai pertandingan.

Dalam babak kualifikasi, Indonesia berada di grup C bersama Korea Selatan dan Iran. Kemudian Iran mengundurkan diri. Indonesia lalu berhasil mengalahkan Korea Selatan 15-11.

Indonesia lolos penyisihan dan tergabung di pul B bersama Jepang dan Singapura. Pada babak tersebut Indonesia sempat kalah 17-15 dari Jepang dan menang 21-15 atas Singapura.

Pada fase gugur Indonesia menumbangkan Taiwan 17-15. Sayangnya pada semifinal mereka harus mengakui keunggulan Australia 21-13. Kemudian Indonesia menutup turnamen dengan membalas kekalahan atas Jepang di pertemuan sebelumnya.

“Berkat semangat pantang menyerah dari anak-anak, semua rintangan bisa diatasi. Bahkan Korea yang sempat kami perhitungkan bisa kami kalahkan. Kemenangan atas Korea membuat kami lebih percaya diri,” lanjut July.

Pada FIBA 3x3 Asia Cup 2022 ini dimenangkan oleh Tiongkok. Mereka mengalahkan Australia dengan skor 14-10. (rag)

Foto: FIBA Asia

Komentar