IBL

Timnas 3x3 Putri meraih posisi ketiga SEA Games 2023. Mereka menyabet perunggu setelah mengalahkan Kmaboja 21-15 pada Minggu (7/5) di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh. Dengan hasil ini mereka membalas kekalahan di pertemuan babak grup.

Pada perebutan medali perunggu itu, tembakan step back Kimberley Pierre-Louis memastikan kemenangan Indonesia. Kimberly mencetak total 11 poin dalam gim tersebut. Disusul Dyah Lestari 5 poin, Agustin Gradita 3 poin, dan Adelaide Wongsohardjo 2 poin.

“Saya bangga karena mereka sudah berjuang dengan hati. Mereka sudah mengeluarkan yang terbaik. Kita lihat sampai beberapa pemain berdarah-darah. Jadi, mereka benar-benar mengeluarkan semua kemampuannya untuk Indonesia,” kata Penanggung Jawab Timnas 3x3 Putri Christopher Tanuwidjaja kepada Humas PP Perbasi.

Baca juga: Menang 2 Gim Fase Grup, Timnas 3x3 Putri Jumpa Vietnam di Semifinal

Pada SEA Games 2023 ini Timnas 3x3 Putri awalnya ditargetkan meraih perak. Mereka lolos sebagai peringkat kedua grup. Tetapi pada babak semifinal mereka harus mengakui keunggulan Vietnam 21-18.

“Kami harapkan sebetulnya medali perak. Tetapi memang tadi kita lihat bukan karena effort pemain. Tetapi banyak faktor X yang membuat kami hanya bisa mendapat medali perunggu,” lanjut pria yang akrab disapa Itop tersebut.

Medali emas berhasil direbut oleh Vietnam. Mereka berhasil menumbangkan Filipina 21-16. Hasil ini membuat Vietnam menjadi satu-satunya tim yang tidak terkalahkan dalam 4 gim. Vietnam juga berhasil menjadi juara di Pul A.

Baca juga: Tidak Lolos Penyisihan Grup, Timnas 3x3 Putra Gagal Capai Target

“Kami lihat kompetisi di SEA Games semakin kompetitif dengan banyaknya pemain naturalisasi. Kali ini pemain naturalisasi yang terbanyak. PR juga di Perbasi untuk langkah seperti apa untuk bisa bersaing,” imbuh Itop.

Sementara itu Indonesia mengulang hasil edisi sebelumnya. Pada SEA Games 2022 lalu mereka juga meraih medali perunggu. Saat itu mereka kalah persaingan dari Thailand dan Vietnam.

Untuk kategori putra sendiri, tuan rumah Kamboja berhak atas medali emas. Mereka mengalahkan Filipina 20-15 pada babak puncak. Sedangkan Thailand meraih perunggu setelah unggul 21-13 dari Vietnam. (rag)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar