IBL

Timnas 3x3 Putra kembali pulang dengan tangan hampa dari ajang SEA Games. Dalam dua edisi beruntun mereka gagal menyumbang medali. Pada SEA Games 2023 Kamboja, Timnas 3x3 Putra tidak lolos fase grup.

Bertanding di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, pada Sabtu (6/5), Timnas 3x3 Putra hanya meraih satu kemenangan dari tiga gim. Mereka unggul 22-11 atas Laos. Namun, tumbang 21-11 dari Filipina dan takluk 21-18 dari Vietnam di penyisihan Pul A.

Dalam rilis resmi PP Perbasi pada Minggu (7/5) itu, Ketua Umum Danny Kosasih menyebut persiapan yang mepet membuat penampilan para pemain tidak maksimal. “Kami tidak mau mencari kambing hitam memang persiapannya hanya dua minggu karena banyak hal yang harus diselesaikan,” ujar pria yang juga disapa Kho Poo Tai itu.

Pada SEA Games 2023 ini, Timnas 3x3 Putra beranggotakan Avan Seputra, Laurentius Oei, Nickson Damara Gosal, M. Reza Guntara. Awalnya Timnas 3x3 Putra ditargetkan meraih medali perak.

Baca juga: Timnas 3x3 Putra Target Medali Perak di SEA Games 2023

Tim tersebut dibentuk tidak lama menjelang SEA Games karena adanya perubahan manajemen timnas. Ini terjadi menyusul mundurnya manajer sebelumnya, James Winson. Sedangkan posisi pelatih yang sebelumnya ditangani oleh Raoul Miguel Hadinoto kemudian digantikan oleh Fandi Andika Ramadhan.

“Untuk kedepannya waktu persiapan yang dilakukan harus lebih matang lagi khususnya untuk cabang 3x3 Putra, baik dari segi fasilitas lapangan yang sesuai dari karakteristik permainan 3x3 sampai dengan pembuatan program jangka panjang,” kata asisten pelatih Alfa Hari Kusumanegara.

Sebelumnya Tim Merah Putih sempat mengikuti FIBA Asia 3x3 Cup 2023 di Singapura pada awal April lalu. Sayangnya, Indonesia gagal melaju ke babak utama

Timnas 3x3 Putra pernah meraih perak pada SEA Games 2019. Saat itu tim terdiri dari  Sandy Ibrahim, Rivaldo Tandra, Oki Wira, dan Surliyadin, dengan pelatih Ali Budikusuma. (rag)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar