IBL

Timnas Indonesia akan berangkat ke Australia besok. Tim asuhan Milos Pejic itu akan melakukan uji tanding dengan tim-tim NBL1 Australia. Pemusatan latihan (TC) ini dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja. Rencananya timnas akan berada di Negeri Kanguru hingga 24 April mendatang.

Pada Senin (3/4) telah diumumkan 15 pemain yang ikut serta dalam TC tersebut. Sebanyak 14 orang merupakan pemain yang telah mengikuti pemusatan latihan di GBK Arena, Jakarta sejak 23 Maret. Mereka lolos seleksi dari 19 pemain awal yang dipanggil pelatnas.

Baca juga: Menjelang SEA Games 2023, Timnas Indonesia Akan Gelar TC di Australia

Dari daftar pemain yang ke Australia itu juga ada nama Lester Prosper. Ia terakhir kali membela timnas saat melawan Jordania pada 27 Februari 2022 lalu di Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Saat itu Lester bermain 18 menit dan mencetak dua poin. Timnas akhirnya harus mengakui keunggulan Jordania 64-94.

Dengan hadirnya Lester di TC tersebut membuka peluangnya untuk tampil di SEA Games 2023 nanti. Pekan lalu Wakil Ketua Umum PP Perbasi George Dendeng mengatakan masih dalam tahap diskusi terkait kemungkinan Lester ikut SEA Gamaes 2023. Multi Event dua tahunan Asia Tenggara itu dijadwalkan pada 5-17 Mei di Kamboja.

Sedangkan dari skuad SEA Games 2022, ada dua pemain yang diragukan tampil. Marques Bolden masih mengalami cedera. Derrick Michael Xzavierro dalam tahap pemulihan setelah operasi paru-paru. Meski begitu ada kabar baik lainnya. Kepada Mainbasket, manajer Jeremy Santoso mengatakan bahwa Brandon Jawato akan bergabung dengan timnas usai jadwal TC di Australia.

Lebih lanjut George mengatakan dari 15 pemain yang berangkat ke Australia itu masih berupa long list. Nantinya akan dipilih 12 roster untuk tampil di SEA Games 2023. “Untuk tim inti 12 pemain belum. Dari pengalaman sebelumnya, biasanya SEA Games kurang dari seminggu juga masih ada beberapa pergantian,” kata George.

Selain pemain-pemain di atas, Indonesia juga menambah amunisi untuk mempertahankan emas SEA Games. PP Perbasi sedang dalam tahap naturalisasi Anthony Beane Jr. Garda poin Indonesia Patriots itu diharapkan bisa menggantikan peran pemain sebelumnya.

“Saya pikir dia akan membantu timnas di masa depan. Dia pemain hebat. Kami membutuhkan seseorang seperti dia. Dia banyak membantu pemain muda dan menjadi contoh yang baik untuk pemain lokal,” ungkap Milos. (rag)

 

Daftar Pemain yang TC ke Australia:

Kaleb Ramot Gemilang

Andakara Prastawa Dhyaksa

Anthony Beane Jr.

Sandy Ibrahim

Althof Satrio

Vincent Rivaldi Kosasih

Juan Laurent Kokodiputra

Dame Diagne

Yudha Saputera

Julian Alexandre Chalias

Widyanta Putra Teja

Muhammad Arighi

Yesaya Saudale

Kelvin Sanjaya

Lester Prosper

 

Foto: FIBA, Ariya Kurniawan

Komentar