IBL

Timnas Indonesia sedang menatap SEA Games 2023. Multi event dua tahunan itu dijadwalkan pada 5-17 Mei di Kamboja. Indonesia memiliki target besar untuk mempertahankan medali emas. Sebagai persiapannya, tim asihan Milos Pejic itu akan melakukan pemusatan latihan (TC) di Australia.

Wakil Ketum PP Perbasi George Dendeng mengatakan timnas akan bertolak ke Negeri Kanguru pada 4 April mendatang. “Mereka akan mengadakan sembilan kali pertandingan (uji coba) dan 18 kali latihan selama di Australia sampai 24 April,” ujarnya saat ditemui usai latihan timnas di GBK Arena, Jakarta pada Kamis (30/3) itu.

Ada 15 pemain yang akan ikut serta. Saat ini TC diikuti 19 pemain. Mereka telah melakukan latihan sejak 23 Maret lalu. “Pemain-pemain masih dalam pemilihan saat ini. Kami masih punya waktu 1-2 hari ke depan untuk menentukan 15 pemain yang dibawa ke Australia. Jadi, sekarang semau masih dalam persiapan seleksi dan pemilihan,” kata George.

Milos Pejic mengakui TC di Australia ini serupa dengan yang pernah mereka lakukan pada 2022 lalu. Saat itu timnas juga melakukan TC dengan mengadakan uji coba dengan tim-tim NBL1 Australia sebagai persiapan FIBA Asia Cup 2022. Pada TC kali ini timnas juga melakukan uji coba dengan tim-tim NBL1 Australia karena liga sedang rehat.

“Dalam persiapannya kami harus mengatur prinsip dasar offensive dan defensive karena kami tidak ingin bermain basket dengan mentah. Kami punya sistem dan menempatkan orang baru dalam sistem. Pada hari terakhir ini kami melakukan pekerjaan dengan baik,” kata pelatih asal Serbia itu.

Lebih lanjut Milos uji coba ini sangat penting untuk mengevaluasi para pemain. Sebab, para pemain NBL1 memiliki level yang lebih tinggi. Dengan begitu para pemain akan terbiasa dengan level permainan yang meningkat.

Pada TC ini timnas juga diperkuat oleh Anthony Beane Jr. Ia merupakan calon pemain naturalisasi terbaru Indonesia. Saat ini proses naturalisasinya masih berjalan. Beane diproyeksikan memperkuat Indonesia di SEA Games 2023. Selain itu juga ada Ramot Kaleb Gemilang yang terakhir kali dipanggil timnas pada Kualifikasi FIBA Asia Cup pada Februari 2022 lalu. (rag)

 

Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Mengikuti Pemusatan Latihan di Jakarta:

Kaleb Ramot Gemilang

Andakara Prastawa Dhyaksa

Anthony Beane Jr.

Ali Bagir

Sandy Ibrahim

Althof Satrio

Vincent Rivaldi Kosasih

Juan Laurent Kokodiputra

Laurentius Steven Oei

Dame Diagne

Yudha Saputera

Julian Alexandre Chalias

Widyanta Putra Teja

Mohamad Arighi

Yesaya Saudale

Kelvin Sanjaya

Anthony Erga

Aldy Izzatur

Arki Dikania Wisnu

 

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar