IBL

Hasil SEA Games 2023 menjadi penentu nasib timnas basket putri. Jika dalam multievent dua tahunan itu mereka gagal, mereka bisa saja tidak berkompetisi di ajang yang lebih tinggi, yaitu Asian Games 2022 (2023). Untungnya timnas putri Indonesia berhasil melebihi target. 

Hal itu disampaikan oleh para pemain timnas putri usai tiba di Indonesia pada Rabu (17/5). Agustin Gradita Retong mengungkapkan belum mengetahui agenda mereka setelah SEA Games 2023 ini.

“Kompetisi putri kami tidak tahu. Kami dengar ada jadwal FIBA tapi belum tahu. Asian Games juga tidak tahu dikirim apa tidak. Katanya menunggu hasil SEA Games ini. Kami menunggu dari Perbasi saja,” ujarnya setelah tiba di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Curahan Hati Pemain Basket Putri, Ingin Liga Bergulir Lagi

Mainbasket mencoba mengkonfirmasi kepada Perbasi. Wakil Ketua Umum PP Perbasi George Dendeng membenarkan tentang rencana federasi untuk tidak mengirimkan timnas putri ke Asian Games 2022. “Ya memang ada rencana untuk itu,” ujarnya melalui pesan singkat pada Kamis (18/5).

Tetapi setelah timnas putri meraih emas SEA Games 2023, kemungkinan besar rencana itu bisa berubah. Timnas putri akhirnya bisa meraih emas pertama setelah mengikuti SEA Games selama 46 tahun. “Kemungkinan begitu ya (dikirim ke Asian Games),” jawab George.

Asian Games 2022 ditunda selama setahun. Asian Games akan berlangsung pada 23 September-8 Oktober mendatang di Hangzhou, Cina. Dalam edisi ke -19 ini akan mempertandingkan 40 cabang olahraga, 61 disiplin, dan 482 nomor pertandingan.

Sebelum Asian Games 2022 ada FIBA Women Asia Cup 2023. Indonesia masuk Divisi B. Turnamen dijadwalkan pada 13-19 Agustus mendatang di Bangkok, Thailand.

Berkaca dari perhelatan SEA Games dua edisi terakhir, keputusan pengiriman cabor dan atlet ditentukan oleh Kemenpora. Mereka akan menerima rekomendasi dari tim review terlebih dahulu.

Tim review ini terdiri dari beberapa stakeholder olahraga dan akademisi. Penilaian tim review ini berdasarkan prestasi dan peluang meraih medali. Jika peluang dan prestasinya jeblok, kemungkinan besar tidak akan diberangkatkan.

Sementara itu pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang lalu, Indonesia menempati posisi ketujuh dari 10 peserta. Dari 7 gim yang dimainkan, Indonesia menang dua kali. Medali emas berhasil diraih oleh Cina. (rag)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar