IBL

Persiapan Timnas Basket 3x3 Putra dilanjutkan usai jeda Idul Fitri. Para pemain mulai berlatih lagi pada Rabu (26/4) di GBK Arena, Jakarta. Mereka akan bersiap menghadapi SEA Games 2023 yang akan dimulai satu pekan lagi.

Pada pemusatan latihan ini, Timnas 3x3 telah menyeleksi pemain menjadi enam orang. Ada tiga pemain yang dicoret. Mereka adalah Anthony Erga, Agus Salim, dan Kevin Moses Poetiray. Nantinya ada empat pemain yang masuk dalam roster SEA Games 2023.

Enam pemain yang mengikuti TC tahap kedua ini adalah Muhammad Reza Fahdani Guntara (Prawira Harum Bandung), Avan Seputra (Satria Muda), Ikram Fadhil (Bima Perkasa Jogjakarta), Laurentius Steven Oei (Satria Muda), Karl Patrick Gloria (RANS PIK Basketball), dan Nickson Damara Gosal (West Bandits Solo).

Dalam SEA Games 2023 ini, Timnas 3x3 Putra ditarget meraih medali perak. Sementara itu untuk nomor 3x3 belum dilakukan undian grup. Untuk itu asisten pelatih Alfa Hari Kusumanegara belum bisa bicara banyak mengenai persaingan.

“Kami belum tahu satu grup dengan siapa saja. Tapi kami harus mewaspadai tuan rumah Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam. Besar harapan kami kepada masyarakat Indonesia untuk mendukung kami diperhelatan SEA Games 2023 ini. Mohon doa dan dukungannya,” ujar Alfa.

Ini merupakan edisi ketiga SEA Games yang mempertandingkan nomor 3x3. Timnas 3x3 putra Indonesia pernah meraih perak pada SEA Games 2019 di Filipina. Sayangnya, raihan itu gagal diulang pada SEA Games 2021 Vietnam. Kini mereka mencoba untuk tidak pulang dengan tangan hampa.

“Pada TC tahap kedua ini kami akan fokus memantapkan sistem offense dan defense. Kemungkinan kita akan melihat progres pemain dengan gelar uji coba melawan tim yang diisi pemain asing di Indonesia,” lanjut Rama.

Sebelumnya Tim Merah Putih sempat mengikuti FIBA Asia 3x3 Cup 2023 di Singapura pada awal April lalu. Sayangnya, Indonesia gagal melaju ke babak utama. Sedangkan SEA Games 2023 akan dimulai pada 5-17 Mei mendatang. (rag)

Foto: Perbasi

Komentar