IBL

Sebanyak 15 pemain dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas 3x3 Putra Indonesia tahap pertama. Mereka disiapkan untuk mengikuti SEA Games 2019 di Manila. Selain pemain lokal, nantinya akan ada pemain naturalisasi yang akan ditambahkan. Brandon Jawato jadi calon kuat pemain yang akan dinaturalisasi untuk timnas 3x3 Indonesia.

Nama-nama pemain yang dipanggil seleksi Timnas 3x3 Putra Indonesia Tahap Pertama:

Seleksi tahap pertama akan berlangsung 19 hingga 21 Agustus di Jakarta. Seleksi dipimpin langsung oleh Kepala Pelatih Ali Budimansyah, dibantu Tri Hartanto selaku asisten pelatih.

Rama Datau selaku manager Timnas 3x3 Putra Indonesia menjelaskan pemilihan pemain juga berdasarkan penampilan mereka dalam IBL 3X3 beberapa waktu lalu. Proses tahap pertama adalah mengerucutkan dari 15 menjadi delapan pemain. Setelah itu akan dibagi menjadi dua grup. Grup pertama (empat pemain) akan mengikuti turnamen di Maladewa. Sedangkan grup kedua akan mengikuti turnamen FIBA lainnya.

"Dari delapan pemain tersebut akan kami pilih enam pemain di bulan Oktober nanti. Enam pemain tersebut akan dikirim untuk mengikuti pemusatan latihan di Serbia. Lalu empat pemain terbaik Indonesia, berangkat ke SEA Games 2019 Manila pada bulan November," kata Rama Datau.

Lebih lanjut, Rama menjelaskan soal naturalisasi pemain. Memang dalam 3x3 SEA Games nanti, tiap-tiap negara boleh memasukkan satu pemain naturalisasi. Nama Brandon Jawato disebut menjadi calon kuat sebagai pemain naturalisasi untuk timnas 3x3 Indonesia. Jawato merupakan pemain keturunan Amerika-Indonesia. Ia pernah bermain untuk Pelita Jaya Basketball Club di IBL 2016. Lalu menjadi juara ABL 2018-2019 bersama CLS Knights Indonesia.

"Kami memang prioritaskan pemain (naturalisasi) yang pernah main di Indonesia. Jadi kami pilih pemain yang mengenal budaya Indonesia. Salah satu kandidatnya ada Brandon Jawato. Berkasnya sedang kami siapkan, semuanya dalam proses pengajuan," kata Rama. "Soal komunikasi dengan Jawato sudah kami lakukan. Dia (Jawato) tertarik untuk bergabung."

Untuk rencana cadangan, Rama mengungkapkan bahwa Indonesia bisa saja tampil tanpa pemain naturalisasi. Sebab Indonesia sudah punya modal kemampuan individu yang baik. Namun kemampuan fisik yang perlu ditingkatkan lagi.

Saat ini, Rama Datau bersama PP Perbasi masih berusaha mencari sebanyak mungkin turnamen FIBA yang bisa diikuti, hingga sebelum SEA Games mendatang. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar