IBL

Seleksi tahap pertama Tim Nasional 3x3 Putra Indonesia sudah selesai. Delapan dari 14 pemain lolos ke tahap kedua. Menariknya di tahap pertama ini, Danny Ray juga tereliminasi. Ia merupakan pemain yang saat ini menduduki peringkat pertama di Indonesia.

Pada 19 Agustus lalu, PP Perbasi memanggil 14 nama pemain untuk mengikuti seleksi Timnas 3x3 Putra Indonesia tahap pertama. Setelah berlatih di Jakarta hampir satu minggu, akhirnya dipilih delapan nama yang masuk ke seleksi tahap kedua.

Berikut daftar nama pemain seleksi Timnas 3x3 Putra Indonesia:

Menariknya dari daftar nama tersebut, ada beberapa pemain baru yang sebelumnya tidak dipanggil seleksi timnas. Seperti Respati Ragil Pamungkas, Oki Wira Sanjaya, Surliyadin, Alan As'adi, Sandy Ibrahim, dan bahkan Stefan Carsera. Hanya Rizky Effendi dan Kevin Moses yang menjadi wajah lama di seleksi timnas 3x3. Bahkan Danny Ray sebagai pemain 3x3 peringkat pertama di Indonesia tidak lolos.

"Selama proses seleksi tahap pertama, kami melihat akurasi tembakan pemain. Terutama yang penting adalah smart, fast, dan play hard. Itu faktor-faktor yang membuat kami dan tim pelatih akhirnya memutuskan delapan nama ini," kata Rama Datau, manajer timnas 3x3 putra Indonesia.

Program selanjutnya adalah seleksi tahap kedua. Proses tersebut akan berlangsung hingga akhir bulan September 2019 mendatang. Dalam proses ini akan ada uji tanding di turnamen resmi.

"Saat ini yang sudah konfirmasi baru di Maladewa. Tapi kami masih butuh satu turnamen lagi untuk uji coba. Setelah itu baru kami rampingkan lagi jumlahnya jadi enam pemain," imbuh Rama.

Disinggung soal naturalisasi pemain, Rama menjelaskan bahwa proses naturalisasi pemain sedang berjalan. Tidak ada kendala apapun terkait naturalisasi Brandon Jawato. Namun ia harus menyiapkan rencana kedua, bila proses naturalisasi ini memerlukan waktu yang panjang. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar