IBL

Seleksi Timnas 3x3 Putra Indonesia untuk SEA Games 2019 sudah masuk tahap dua. Kali ini delapan pemain akan dikirim ke dua turnamen berbeda. Setelah itu, jumlah pemain dikerucutkan menjadi enam pemain di bila Oktober mendatang.

Ada dua turnamen uji coba yang akan diikuti pemain seleksi Timnas 3x3 Indonesia, yaitu di Maladewa dan Cina Taipei. Empat pemain yang akan dikirim ke FIBA 3x3 Asia Quest di Maladewa, 6-8 September, adalah Oki Wira Sanjaya, Surliyadin, Respati Ragil Pamungkas dan M. Alan As’adi. Sementara itu M. Sandy Ibrahim Azis, Kevin Moses Poetiray, Rizki Efendy dan Stefan Carsera akan dipersiapkan untuk mengikui turnamen di Cina Taipei, 20 September mendatang.

"Kami akan melihat kemampuan mereka dalam bermain di kompetisi internasional, baik kemampuan individu maupun dalam hal kerjasama tim 3x3 mengingat mereka selama ini adalah pemain berlatar belakang basket 5x5," kata Kepala Pelatih Ali Budimansyah, seperti dikutip dari iblindonesia.com.

Sebelum berangkat mereka menjalani sesi latihan di Jakarta selama dua minggu. Mereka dilatih untuk mengubah permainan sesuai dengan 3x3. Sebab, pemain harus bisa mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam bermain 3x3.

Manager Timnas 3x3 Putra Indonesia Rama Datau mengatakan bahwa dalam kompetisi ini timnas indonesia tidak memasang target kemenangan maupun raihan posisi.

"Kami hanya ingin melihat bagaimana skill mereka dalam berkompetisi di mancanegara. Ini adalah bagian dari proses seleksi," kata Rama.

Setelah mengikuti dua turnamen di luar negeri itu, jumlah pemain seleksi Timnas 3x3 Putra Indonesia akan dikerucutkan menjadi enam pemain pada bulan Oktober. Kemudian mereka rencananya akan menjalani TC di Serbia. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar