IBL

Tim elit putri 3x3 Indonesia meraih posisi ketiga di ASEAN Basketball League (ABL) International Champions Cup 2022. Pada semifinal, mereka kalah 15-19 dari Louvre Angels. Meski tidak sampai melangkah ke babak puncak, pelatih July Wong tetap mengapresiasi kerja keras anak asuhnya.

“Mereka tidak pernah menyerah, selalu hustle play. Kami mencoba sistem dan mencari perpaduan sesama pemain. Dari pertandingan ini kami bisa evaluasi dan mematangkan sistem,” kata July seperti dalam rilis resmi PP Perbasi.

Turnamen tersebut menjadi uji tanding pertama bagi timnas putri 3x3. “Ini jadi uji tanding pertama karena ada pandemi. Jadi, kami mau lihat chemistry pemain dan menambah pengalaman. Sebelumnya Kimberly Pierre-Louis belum pernah bermain 3x3,” lanjut July.

Timnas putri 3x3 menjalani pemusatan latihan sejak akhir Februari lalu di GOR CLS Surabaya. Pada ABL International Champions Cup 2022, timnas putri 3x3 menurunkan komposisi Kimberly, Ayu Sriartha, Dyah Lestari, dan Nathania Orville. Hanya Ayu yang berpengalaman di 3x3 pada SEA Games 2019 lalu di Manila, Filipina.

July menambahkan bahwa komposisi pemain ini belum final. “Di event ini kami cuma bawa empat orang untuk melihat chemistry-nya. Tapi kami masih tahap seleksi dan belum final roster,” ungkap mantan pemain Tomang Sakti Mighty Bees ini.

Dari hasil akhir ABL International Champions Cup 2022, timnas putri 3x3 akhirnya meraih peringkat ketiga. Dalam perebutan posisi itu, mereka mengalahkan Delhi 3BL 13-6 di Discovery Shopping Mall Kuta, Bali. Sebelumnya mereka pernah menang 21-3 dari Jumpshoot (Singapura), unggul 17-8 atas Delhi 3BL, dan menaklukkan Harimau Malaya 19-9.

“Kami masih harus berbenah terutama di presentase tembakan. Banyak tembakan yang meleset. Kemudian masih kurang tenang terkait penyerangan dan bertahan,” imbuh July. (rag)

Foto : Perbasi

Komentar