IBL

Merek sepatu asal Jepang Asics mengumumkan karya terbaru mereka berupa sepatu lari bertema Nasi Lemak. Mereka tidak sendirian,proyek modifikasi warna dengan basis Gel-Kayano 5 tersebut merupakan kolaborasi dengan dua pihak dari Negeri Jiran. Dua kolaborator itu adalah butik sneaker Hundred% dan gelaran sneaker terbesar di Malaysia, SneakerLah.

Nasi Lemak adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan dan daun pandan. Seluruh bagian darinya jadi inspirasi untuk mewarnai siluet Kayano-5. Putih yang digunakan di bagian atas (upper) mewakili nasi dan putih telur. Detail berwarna hijau terinspirasi dari mentimun dan daun pisang. Dilanjutkan dengan aksen merah cabai di mana Asics ingin menampilkan sisi “pedas”. Diikuti dengan ornamen berwarna kuning mewakili kuning telur. Dominasi warna coklat dimaksudkan untuk mewakili kacang dan ikan teri yang bertugas sebagai pelengkap.

Asics mengumumkan berita ini melalui situs Sneaker Freaker kemarin, 20 September 2019. Majalah gaya hidup asal Australia itu mengutarakan bahwa warna yang diambil seakan memberi kesan “pedas” ala bumbu Nasi Lemak. Warna cokelat dan detail lainnya menunjukkan lauk yang tersaji di sepiring makanan yang jadi makanan nasional Malaysia itu.

Ketiga pihak kolaborator tampaknya sengaja membuat kejutan dengan tidak mengumumkan proyek ini jauh-jauh hari. Laman gaya hidup Masses mengutarakan bahwa hanya sedikit dari penikmat kultur sneaker di sana yang mengetahui informasinya. Bahkan, tidak ada satupun unggahan di akun media sosial Hundred% dan Asics Malaysia terkait sepatu nasi lemak. Hanya Sneakerlah yang menampilkan artikel Asics Gel Kayano 5 “Nasi Lemak” pada laman Sneaker Freaker.

Produk kejutan ini akan dirilis secara khusus di gelaran sneaker terbesar di Malaysia tersebut. Guna meningkatkan eksklusivitas, Asics hanya membuat 500 pasang yang akan dibagi ke dalam ukuran tertentu. Harga RM599 (AS$140) atau sekitar Rp1.970.000 menjadi harga yang dianggap pantas untuk siluet terbatas ini.

Pengalaman Mengunjungi Sneakerlah

Mainbasket tidak asing dengan gelaran Sneakerlah. Kami mengunjunginya tahun lalu pada 6 dan 7 Oktober. Antusiasme luar biasa besar ditunjukkan sejak kami menginjakkan kaki ke Mid Valley Megamall, Kuala Lumpur, tempat diadakannya acara tersebut. Butuh sekitar dua jam mengantre agar dapat masuk dan melihat-lihat apa yang tersaji. Di sisi lain, para pengunjung datang dengan dandanan kekinian. Mereka kebanyakan memakai streetwear berbagai merek yang didukung dengan sepatu-sepatu populer dewasa ini.

Acara utama tentu saja jual-beli produk. Sneakerlah menyediakan area untuk toko-toko menjajakan barang dagangan mulai dari sepatu, pakaian, dan lain sebagainya. Pihak panitia membubuhinya dengan kejutan lain. Berbagai fasilitas dan sarana hiburan disediakan secara maksimal. Di antaranya mini-ramp (tempat bermain skateboard kecil) yang disediakan Nasty Vape Liquid dan House of Vans, berfoto di kolam bola oleh Asics Tiger, pameran instalasi oleh Puma Cell, pembuatan ornamen menggunakan laser oleh Nike Air Force 1, lapangan basket kecil dari SupBro, hingga pergelaran busana yang dilakukan Skechers.

Baca juga: Mengenal Mr. SBTG, Seniman di Balik Hadiah Sepatu Eksklusif Stephen Curry

Selain itu, kami juga sempat berbincang dengan Mark Ong. Ia adalah seniman sneaker yang memakai nama panggung Mr. Sabotage dan menjalankan grup seni bernama SBTG. Pria asal Singapura ini sudah berkarya untuk sosok tenar dunia sekaliber Kobe Bryant dan Mike Shinoda dari Linkin Park. Tahun lalu. Ia berkarya untuk Stephen Curry dengan memodifikasi Under Armour Curry 6 dan diberikan langsung kepada Sang pemain di Filipina.

Obrolan kami sudah termuat di Majalah Mainbasket edisi November 2018. Perbincangan kami berjalan menyenangkan. Ia menceritakan bagaimana ia menjalankan bisnis seni yang sudah ditekuni belasan tahun. Ong dibantu istrinya dalam pengelolaan alur keuangan dan beberapa karyawan yang punya relasi kuat. “Saya tidak bisa sembarangan merekrut orang. Hanya yang benar-benar saya kenal yang bisa bekerja di SBTG,” katanya waktu itu.

Indonesia sebetulnya punya berbagai macam acara serupa. Meski begitu, berkunjung ke SneakerLah bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin mencari suasana berbeda. Produk yang dijual pun, menurut saya, lebih lengkap terutama untuk varian Jordan, Yeezy, dan pakaian yang terlabel “Hype”.

Baca juga: Vechain dan Mr. SBTG Kenalkan Teknologi Penjamin Orisinalitas Sepatu

Foto: Asics Malaysia

Komentar