IBL

Damian Lillard punya rencana. Ia ingin membela Amerika Serikat dalam gelaran Olimpiade 2020 di Jepang. Garda utama Portland Trail Blazers itu berharap bisa menebus keabsenannya di Piala Dunia 2019.

“Saya berencana untuk menjadi bagian itu. Saya berencana untuk tampil,” kata Lillard per James McKern  dari news.com.au.

Sebelum ini, Lillard memang sempat mengundurkan diri dari tim nasional Amerika Serikat. Ia lebih memilih untuk melakukan hal lain di jeda musim. Seperti merilis album rap ketiganya atau berkeliling Asia untuk urusan bisnis dengan merek sepatu.

Selain Lillard, pemain bintang lainnya berbondong-bondong mengundurkan diri. Manajer Jerry Colangelo dan Kepala Pelatih Gregg Popovich pun terpaksa membongkar skuatnya berkali-kali. Mereka sampai harus memanggil pemain-pemain muda tidak berpengalaman hanya untuk melengkapi susunan pemain.

Fenomena itu lantas berdampak pada performa Amerika Serikat di Piala Dunia. Mereka gagal mempertahankan gelar juara dan jatuh ke peringkat tujuh. Colangelo menjadi masam. Ia bahkan mengatakan akan mengingat setiap nama yang dipanggil, tetapi menolak ikut pemusatan latihan pada Agustus lalu.

“Kekecewaan yang saya rasakan tidak muncul dari pemain-pemain yang menolak tampil,” kata Colangelo seperti dikutip Sports Illustrated. “Itu justru muncul dari pemain yang mengatakan akan tampil, tetapi mengundurkan diri.”

Kendati begitu, Amerika Serikat akan membutuhkan pemain-pemain bintang untuk gelaran berikutnya. Olimpiade bukan kejuaraan yang mudah. Colangelo tahu itu. Olimpiade tidak kalah bergengsi dari Piala Dunia. Negara-negara terbaik akan hadir di sana. Apalagi Amerika Serikat berniat untuk memperbaiki namanya setelah jatuh di Piala Dunia.

Seandainya Lillard benar ingin tampil, ia mesti berurusan dengan Colangelo. Ia juga akan berurusan dengan pemain bintang lainnya. Sebab, beberapa pemain bintang juga mengatakan hal yang sama. Mereka akan memperebutkan tempat untuk mengikuti Olimpiade. (put)

Foto: USA Basketball

Komentar