IBL

Boston Celtics mencetak rekor baru dalam sejarah tim nasional bola basket Amerika Serikat. Mereka berhasil mengirim empat pemainnya ke timnas untuk Piala Dunia 2019. Dalam sejarahnya, sebuah tim paling banyak hanya mampu mengirim tiga pemainnya ke timnas.

Oklahoma City Thunder (2012) dan Golden State Warriors (2016) merupakan dua tim dengan sumbangan terbanyak sebelum ini. Mereka sempat mengirimkan tiga pemain sekaligus untuk berangkat ke Olimpiade. Celtics kemudian memecah rekor keduanya.

Tim asal Boston itu mengirim Jayson Tatum, Jaylen Brown, Marcus Smart, dan Kemba Walker. Keempat pemain tersebut masuk ke skuat final Piala Dunia setelah melewati kamp latihan selama satu bulan ini. Smart bahkan berhasil masuk meski sempat mengalami cedera ketika latihan.

Smart sendiri merupakan pemain Celtics dengan jangka waktu karier paling lama. Sementara Tatum dan Brown baru dua-tiga musim bersama Celtics. Meski begitu, waktu selama itu cukup untuk mengeratkan ikatan di antara ketiganya. Ikatan itu akan berguna bagi timnas nanti.

Walker, di sisi lain, baru bergabung dengan Celtics pada musim panas ini. Kebersamaannya dengan tiga pemain lain tentu saja belum erat. Namun, Walker dapat menggunakan kesempatan di Piala Dunia untuk mengeratkan kebersamaan itu.

Selain ajang mengeratkan kebersamaan, keempat pemain Celtics itu juga hendak membuktikan kekuatan Amerika Serikat di kejuaraan dunia. Mereka ingin membawa timnas kembali ke podium juara. Apalagi mengingat target mereka memang mempertahankan gelar.

Timnas Amerika Serikat saat ini tidak diperkuat para superstar. Pemain-pemain hebat itu mengundurkan diri karena berbagai alasan. Namun, keempat pemain Celtics di atas percaya bahwa kekuatan pemain yang ada sekarang juga tidak akan kalah saing. Walker, 29 tahun, misalnya, akan berusaha membimbing rekan-rekannya yang lebih muda untuk menyasar kemenangan demi kemenangan. (put)

Foto: NBA

Komentar