IBL

Tim nasional Amerika Serikat tampil dalam pertandingan uji coba menjelang Piala Dunia 2019. Mereka menghadapi Spanyol di Honda Center, Anaheim, California, Amerika Serikat, Jumat 16 Agustus 2019 waktu setempat. Amerika Serikat menang 90-81.

Kemenangan itu didapat berkat peran para pemain Celtics. Kemba Walker, Jayson Tatum, dan Jaylen Brown membantu timnas mengatasi Spanyol. Sayangnya, Marcus Smart masih belum bisa tampil karena cedera.

Walker menyumbang 11 poin dan 8 asis. Tatum mencetak 11 poin. Sementara Brown berhasil mengumpulkan sembilan poin.

Ketiga pemain di atas membuat Amerika Serikat mampu menghentikan Spanyol. Mereka menunjukkan determinasi, aliran bola, dan pertahan yang baik. Sehingga Kepala Pelatih Gregg Popovich pun senang dengan hasilnya.

Kendati begitu, bagi Popovich, menang atau kalah tidaklah penting dalam uji coba. Ia hanya ingin melihat anak-anak asuhnya menunjukkan hasil latihan selama kamp bulan ini. Sebab, hasil itu akan ikut menentukan penampilan mereka di Piala Dunia nanti.

“Menang atau kalah tidaklah penting saat ini,” kata Popovich seperti dikutip situs resmi timnas Amerika Serikat. “Yang terpenting adalah bermain lebih baik, dengan kerja sama, dan bisa mengeksekusinya bersama-sama.”

Penampilan para pemain Celtics bersama timnas pada dasarnya juga menjadi harapan bagi tim asal Boston itu. Mereka ingin melihat tiga pemain yang tampil impresif, plus Smart yang tengah berusaha pulih, bisa tampil kompak. Latihan bersama timnas diharapkan akan berdampak baik bagi mereka.

Saat ini, Celtics juga tengah berusaha menyesuaikan diri dengan transisi. Mereka kehilangan Kyrie Irving sekaligus Al Horford di musim panas. Sehingga penggantinya sudah harus siap. Walker, yang baru bergabung, akan punya banyak kesempatan mengenal pemain utama Celtics lainnya saat kamp latihan.

Sebaliknya Tatum, Brown, dan Smart juga punya kesempatan yang sama untuk mengenal Walker. Mereka bisa belajar bagaimana memimpin sebuah tim dari sang garda utama. Sebab, selama ini, Walker terkenal sebagai sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. Ia bahkan bisa saja menjadi pemimpin di timnas Amerika Serikat.

Amerika Serikat sendiri setelah ini masih akan melalui pertandingan uji coba. Pertandingan selanjutnya berlangsung minggu depan. Amerika Serikat mesti menghadapi Australia dan Kanada sebelum Piala Dunia dimulai pada 31 Agustus mendatang. (put)

Foto: USAB

Komentar