IBL

Tim nasional Amerika Serikat mesti kehilangan setidaknya tujuh calon pemain Piala Dunia 2019. Para pemain itu mengundurkan diri dengan alasan berbeda pada musim panas ini. Umumnya karena ingin fokus dengan persiapan klub dalam menghadapi NBA 2019-2020.

Amerika Serikat lantas memanggil pemain lain sebagai penggantinya. Salah satunya Marcus Smart. Menurut laporan Adam Himmelbasch, Boston Globe, garda Boston Celtics itu senang bukan main. Smart juga mengunggah ketertarikan bermain untuk timnas lewat cuitan di Twitter.

“Saya senang bermain di mana pun. Namun, sudah lama ingin bermain untuk timnas Amerika Serikat,” kata Smart lewat cuitan itu. “Saya serius dan bahkan berdoa untuk itu. Celtics segalanya bagi saya. Namun, mengenakan jersey Amerika Serikat juga sangat penting bagi saya. Apalagi di sana ada rekan setim saya, Kemba Walker dan Jayson Tatum.”

Walker dan Tatum memang sudah dipanggil sejak awal. Mereka tetap berada di daftar 20 calon pemain Piala Dunia ketika yang lainnya mengundurkan diri. Oleh karena itu, Celtics setidaknya mesti merelakan tiga pemain untuk mengikuti kamp latihan, bahkan Piala Dunia yang berlangsung pada September mendatang.

Selain ketiga pemain di atas, Amerika Serikat juga sebenarnya mengundang Jaylen Brown. Namun, pemain muda Celtics itu belum pasti menerima undangan. Brown hingga tulisan ini dimuat belum juga bersuara.

Musim lalu, para pemain Celtics itu—kecuali Walker yang baru bergabung di musim panas ini—berhasil mengantarkan timnya kembali ke Playoff. Sayangnya, mereka tidak mampu mencapai Final NBA. Tim asuhan Kepala Pelatih Brad Stevens itu bahkan tidak lebih baik dari musim lalu. Mereka terhenti di Semifinal Wilayah saja.

Celtics juga sempat mengalami masalah internal. Pada akhirnya masalah itu juga membuat Kyrie Irving hengkang ke Brooklyn Nets. Namun, pemain-pemain seperti Smart, Brown, dan Tatum tetap setia di Boston. Walker kemudian menyusul mereka setelah menyelesaikan kontraknya bersama Charlotte Hornets.    

Dengan demikian, Celtics berpotensi kehilangan empat pilarnya demi timnas Amerika Serikat. Smart, Tatum, dan Walker sudah memutuskan untuk mengikuti kamp latihan. Mereka tinggal menunggu keputusan Brown. (put)

Foto: NBA

Komentar