IBL

Oklahoma City Thunder merilis empat jersey baru untuk NBA 2019-2020. Jersey baru itu termasuk jersey City Edition hasil kerja sama dengan Oklahoma City National Memorial & Museum. Mereka bekerja sama menghadirkan jersey berdesain khusus sebagai bentuk peringatan 25 tahun tragedi pengeboman Alfred P. Murrah Federal Building di Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat, 19 April 1995.

Thunder dan Oklahoma City National Memorial & Museum meminta Nike mengenang sekaligus memberi penghormatan pada korban dan semua yang terkena dampak pengeboman. Nike kemudian meresponnya dengan mewujudkan nilai-nilai tersebut melalui desain jersey hitam beraksen emas dan putih. Mereka menyerap makna dari misi organisasi dalam mendidik generasi kini dan nanti untuk mengembangkan komunitas yang kukuh. Sebab, seperti juga digalang sejak lama di kota itu, Oklahoma berusaha untuk fokus mengembangkan standar kehidupan warganya dengan pelayanan, kehormatan, dan kebaikan.

“Tragedi 19 April 1995 mengubah kota kami selamanya. Oklahoma City National Memorial & Museum melayani kami dengan membantu kami mengingat mereka yang pergi, dan menceritakan kisah kota yang terjalin lewat kasih sayang,” ujar Wakil Presiden dan Manajer Umum Thunder Sam Presti.

Sebagai bagian dari kerja sama itu, Thunder dan Oklahoma City National Memorial & Museum akan menanggung pameran permanen baru. Tanggungan itu menekankan dan menyoroti contoh-contoh Oklahoma Standard dengan menyediakan alat pembelajaran yang berharga dalam menyampaikan pesan kepada khalayak lokal, nasional, maupun global. Untuk menghormati itu, Thunder bahkan akan membiayai akses gratis ke museum sebulan sekali pada 2020.

Desain jersey City Edition itu sendiri mengadaptasi simbol yang merepresentasikan elemen-elemen dari monumen peringatan itu. Di bagian dadanya terpampang “Oklahoma City” berwarna putih dengan garis emas. Mereka juga menambahkan catatan waktu 9:01 dan 9:03 yang muncul di kedua sisi celana. Kedua waktu itu merefleksikan waktu sebelum dan sesudah tragedi.

Warna putih pada celana menggambarkan Reflecting Pool, kedalaman air dangkal yang memberikan kenyamanan dan kedamaian. Kata “Service”, “Honor”, dan “Kindness” yang menggambarkan Oklahoma Standard juga muncul di atas tag. Simbol-simbol lain kemudian melekat di beberapa bagian. Pihak Oklahoma City National Memorial & Museum mengatakan hal itu dilakukan sebagai wujud kekuatan kerja sama mereka dengan Thunder.

“Kerja sama kami dengan Thunder terus tumbuh kuat. Selama lebih dari satu dekade, setiap pemain merasakan dan berusaha memahami Oklahoma Standard dengan berkunjung ke Oklahoma City National Memorial & Museum,” kata Direktur Eksekutif Oklahoma City National Memorial & Museum Kari Watkins.

Selain City Edition, Thunder nantinya akan mengenakan tiga jersey lainnya. Jersey itu meliputi Icon (biru), Association (putih), dan Statement (oranye). Tim asal Oklahoma City itu berusaha menghadirkan nuansa baru seiring perubaha skuat mereka pada 2019-2020. Setelah ditinggal Paul George dan Russell Westbrook, Thunder mencoba untuk membangun ulang wajah mereka. NBA 2019-2020 akan menjadi awal baru. (put)

Foto: NBA

Komentar