IBL

Oklahoma City Thunder mesti kehilangan dua bintangnya, Russell Westbrook dan Paul George. Padahal mereka tidak berencana untuk melepas keduanya. Hanya saja, situasinya tidak memungkinkan. Kedua pemain itu meminta hengkang lewat pertukaran pada musim panas ini.

Pada awalnya, Thunder menukar George ke Los Angeles Clippers. Bintang berusia 29 tahun itu ingin bergabung dengan Kawhi Leonard di sana. Thunder lalu mendapatkan Danilo Gallinari, Shai Gilgeous-Alexander, dan beberapa hak pilih.

Setelah George, Russell menyusul hengkang. Thunder menukarnya ke Houston Rockets. Padahal Russell merupakan wajah utama mereka selama ini. Terutama ketika Kevin Durant meninggalkan Oklahoma. Namun, kepergiannya sulit dicegah. Apalagi George memutuskan pindah.

Akibat hengkangnya kedua pemain itu, Thunder harus mengubah rencana mereka. Tim asal Oklahoma City tersebut mesti membangun ulang skuatnya. Padahal itu bukan rencana utama mereka di jeda musim ini.

“Namun, begitulah liga bekerja. Kadang-kadang kita dipaksa melakukan itu,” ujar seorang eksekutif Thunder kepada Keith Smith, RealGM. “Ketika itu terjadi, kita harus melakukan yang terbaik dan saya pikir kami melakukannya dengan sangat baik. Kami mesti bekerja lebih keras ke depannya. Sekarang kami membangun sesuatu.”

Thunder memiliki kesempatan untuk membangun ulang skuatnya dengan banyak hak pilih. Setidaknya, dari pertukaran Russell dan George, plus Jerami Grant yang juga ditukar, tim Oklahoma City itu mendapat 15 hak pilih putaran pertama dari 2020—2026. Mereka juga masih punya kesempatan untuk menukar Chris Paul yang didapat dari pertukaran Russell ke Rockets.

Sementara ini, Thunder kesulitan mencari klub yang sepadan untuk menukar Paul. Apalagi mengingat gajinya yang besar. Thunder pun berniat untuk menyimpan Paul beberapa saat. Hingga menemukan klub yang tepat untuk melakukan pertukaran.

Seandainya Thunder berhasil menukar Paul, berarti mereka punya lebih banyak pilihan. Thunder akan memiliki aset untuk membangun masa depan. Aset-aset itu digabungkan dengan yang mereka dapat sebelumnya. (put)

Foto: NBA

Komentar