IBL

Philadelphia 76ers bisa dibilang sebagai salah satu tim paling agresif di pasar pemain bebas kali ini. Transaksi yang mereka lakukan seolah menunjukkan bahwa tim ini benar-benar sudah tidak sabar untuk segera merengkuh gelar juara. Tobias Harris mereka pertahankan, Josh Richardson didatangkan sebagai ganti Jimmy Butler, sementara Al Horford juga melengkai tim “raksasa” Sixers.

Di tengah kedatagan sederet pemain ini, Sixers juga melepas pemain-pemain yang mungkin tidak masuk lagi ke dalam rencana besar mereka. J.J. Redick merapat ke New Orleans Pelicans, Jonathan Simmons mereka tukar dengan pemain muda Washinton Wizards, dan beberapa transaksi lainnya. Paling baru, mereka juga membiarkan T.J. McConnell menjadi unrestricted free agent dan bergabung ke Indiana Pacers.

McConnell bergabung ke Pacers dengan kontrak dua musim sebesar AS$7 juta. Bergabungya McConnell ini juga bisa dibilang mengakhiri era awal “Trust the Process” milik Sixers. Ya, jika Anda melihat skuat Sixers di era “Trust the Process” lebih tepatnya di kisaran 2016-2017, kini tim ini sudah berubah. Bahkan, jika kita melihat skuat Sixers di 2017-2018, yang tersisa hingga kini hanya Ben Simmons dan Joel Embiid.

Hal ini bisa menunjukkan dua hal. Pertama, betapa pentingnya peran Simmons dan Embiid untuk tim ini. Kedua pemain muda ini sendiri memang menujukkan level permainan yang luar biasa terbukti dengan terpilihnya keduanya di laga All Star musim lalu. Simmons dengan gaya bermain fasilitator dan atletisme yang luar biasa sementara Embiid akan menjadi “penyantap” hasil kerja Simmons.

Kedua, hal ini juga menunjukkan bahwa Sixers semakin serius menjadikan diri mereka sebagai salah satu penantang gelar juara. Pemain-pemain yang mereka datangkan levelnya tidak sembarangan. Harris adalah salah satu pencetak angka “underrated” di NBA. Horford adalah senter yang sudah beberapa kali tampil di All Star sementara Richardson pemain muda yang juga jago bertahan.

Menarik menunggu transaksi-transaksi lainnya dari Sixers sebelum musim 2019-2020 dimulai. Pasalnya, meski tim ini terlihat cukup komplet, mereka masih punya kekurangan terutama di sisi penembak jitu. Besar kemungkinan mereka akan memanfaatkan beberapa hari ke depan untuk mendapatkan penembak jitu veteran yang ada di pasar pemain bebas. (DMRK)

Foto: NBA

 

Komentar