IBL

Philadelphia 76ers boleh saja merombak beberapa bagian dalam skuatnya di pasar pemain bebas kali ini. Namun, untuk posisi fasilitator tim atau pembawa bola utama, Sixers akan bertahan dengan pemain yang sama dalam jangka waktu panjang. Kepastian tersebut didapat usai ESPN mengabarkan penawaran perpanjangan kontrak maksimal untuk fasilitator utama Sixers, Ben Simmons.

Simmons mendapatkan perpanjangan selama lima tahun senilai AS$168 juta. Namun, jika melihat proyeksi peningkatan batas gaji (salary cap) NBA, Simmons bisa mendapatkan kontraknya di angka AS$170 juta. Agen dari Simmons, Rich Paul, mengungkapkan bahwa ia dan Sang Pemain sudah hampir pasti setuju dengan perpanjangan tersebut.

Pemain asal Australia ini telah menjadi bagian penting dari Sixers dalam dua musim terakhir. Raihan gelar Rookie of the Year musim lalu dan terpilihnya ia sebagai All Star di musim ini sudah menunjukkan betapa besar dan baiknya peran Simmons bagi tim.

Musim ini, ia total bermain dalam 79 gim musim reguler dengan rataan menit 34,2 menit per gim. Ia lantas merubah menit bermain tersebut menjadi sumbangsih 16,9 poin, 8,8 rebound, dan 7,7 asis per gim dengan FG% 56 persen dan FT% 60 persen.

Permasalahan terbesar Simmons adalah tripoin. Musim ini, ia hanya melepaskan 17 percobaan dengan tak satupun menemui sasaran. Jika ia berhasil meningkatkan ketangkasannya untuk menembak dari jarak jauh, Simmons akan menjadi pemain komplet yang benar-benar sulit dihentikan. Bayangkan saja, 16,9 poin tersebut datang hanya dari percobaan di dalam busur dan kebanyakan melalui penetrasi ke lubang kunci.

Kesepakatan ini membuat Sixers secara tidak langsung sudah menunjukkan kekuatan jangka panjang mereka. Selain Simmons, Sixers sudah memberi kontrak panjang untuk pemain yang juga mereka pilih dari draft, Joel Embiid. Lalu di pasar pemain bebas kali ini, tim asuhan Brett Brown ini juga sudah mengamankan jasa Tobias Harris, Al Horford, dan Josh Richardson. Nama yang terakhir disebut datang melalui proses pertukaran dengan Miami Heat yang melibatkan Jimmy Butler.

Berita terbaru juga menyebutkan bahwa dua role player Sixers, James Ennis dan Mike Scott setuju untuk bertahan dengan tim. Scott mendapatkan kontrak dua tahun sebesar AS$9,8 juta sementara Ennis dua tahun sebesar AS$4,1 juta. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar