IBL

Kontrak Kemba Walker sudah habis bersama Charlotte Hornets. Ia pun siap untuk melanjutkan karier dengan kontrak baru. Walker memutuskan untuk meninggalkan Charlotte.

Menurut laporan Shams Charania, The Athletic, Walker akan bergabung dengan Boston Celtics setelah pasar pemain bebas dibuka pada Minggu, 30 Juni 2019 waktu setempat. Ia berencana untuk meneken kontrak maksimal selama empat tahun senilai AS$141 juta.

Walker sendiri sudah berada di Boston. Ia ingin tetap di sana sampai menyelesaikan kesepakatannya secara legal. Ia juga telah mengabarkan Hornets bahwa dirinya tidak akan kembali.

Kedatangan Walker nanti akan mengisi lowongnya posisi garda utama. Sebab, Celtics akan kehilangan Kyrie Irving yang belakangan dikabarkan dekat dengan Brooklyn Nets. Walker punya pengalaman yang cukup untuk menjadi garda utama baru mereka.

Pemain berusia 29 tahun itu sudah berkarier selama delapan musim di NBA. Ia menjelma pemain berkelas All-Star dalam tiga musim terakhir. Kemampuan mencetak angkanya pun meningkat dari musim ke musim.

Pada 2018-2019, Walker tampil penuh. Ia muncul dalam 82 pertandingan musim reguler. Walker mencetak 25,6 poin plus 4,4 rebound, 5,9 asis, dan 1,2 steal per pertandingan.  Persentase tembakan keseluruhannya 43,4 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan 51,1 persen. True shooting percentage 55,8 persen.

Dengan statistik itu, Celtics tertarik memboyongnya ke Boston. Mereka bahkan menjadikan Walker sebagai prioritas terbesar di pasar pemain bebas. Celtics hendak hijrah dari Irving yang sudah tidak bisa diandalkan. Apalagi setelah rusaknya hubungan antarpemain di ruang ganti.

Celtics ingin Walker menjadi pengganti Irving sebagai pemimpin tim. Ia akan bermain dengan pemain muda seperti Jaylen Brown dan Jayson Tatum. Ia juga akan bermain di samping bintang lain seperti Gordon Hayward yang tengah berusaha mengambalikan performanya usai cedera parah pada 2017-2018.

Sementara itu, karena tahu akan kehilangan Walker, Hornets berusaha mencari penggantinya. Mereka mengincar beberapa garda utama, seperti: Elfrid Payton, T.J. McConnell, Ish Smith, dan Emmanuel Mudiay. Mereka akan merombak skuatnya di masa bebas. (put)

Foto: NBA

Komentar