IBL

Boston Celtics berpotensi besar untuk kehilangan Kyrie Irving. Mereka pun berusaha untuk mencari penggantinya. Celtics akan mengejar garda utama Charlotte Hornets Kemba Walker.

Kontrak Walker bersama Hornets memang habis tahun ini. Ia sempat mengisyaratkan diri untuk hengkang di akhir musim. Apalagi Michael Jordan, pemilik klub, belakangan juga tidak bersedia memperpanjang jasanya dengan kontrak besar. Padahal sang pemain sebenarnya masih terbuka untuk kembali.

Celtics kemudian memusatkan perhatiannya untuk mengejar Walker. Adrian Wojnarowski, ESPN, bahkan mengatakan bahwa tim asal Boston itu telah menjadi pelari terdepan dalam perburuan sang pemain.

Manajer Umum Celtics Danny Ainge juga berencana segera bertemu Walker dan agennya, Jeff Schwartz dari Excel Sports, begitu pasar pemain bebas dibuka. NBA baru akan membukanya pada Minggu, 30 Juni 2019 waktu setempat. Celtics masih punya waktu sekitar dua hari lagi untuk memikirkan langkah mereka.

Tim asal Boston itu kemungkinan akan menawarkan Walker kontrak empat tahun senilai AS$141 juta. Garda utama berkelas All-Star itu berhak atas harga tersebut setelah masuk ke jajaran All-NBA Third Team pada 2018-2019. Ia merupakan garda utama elit di antara garda utama lainnya di pasar pemain bebas tahun ini.

Walker sendiri sudah berkarier selama delapan tahun di NBA. Ia tidak pernah tampil bersama tim selain Hornets sejak 2011. Ia bahkan sudah menjadi wajah utama mereka. Sayangnya, tim asal Charlotte itu sulit bersaing dengan tim-tim Wilayah Timur. Mereka hanya berhasil menembus playoff dua kali. Itu pun sampai putaran pertama saja.

Walker tampil cukup impresif musim lalu. Ia di semua pertandingan musim reguler. Ia mencetak rata-rata 25,6 poin, 4,4 rebound, 5,9 asis, dan 1,2 steal. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 43,4 persen, dengan efektivitas tembakan keseluruhan 51,1 persen dan true shooting percentage 55,8 persen.

Kini Walker pun siap untuk menjalani kehidupan baru. Ia sudah membuka diri untuk pergi dari Charlotte. Namun, itu tergantung pada negosiasinya dengan tim lain. Celtics sementara ini tampak siap menampungnya. Mereka punya cukup ruang untuk melakukan itu. (put)

Foto: NBA

Komentar