IBL

Dallas Mavericks berusaha untuk membangun skuatnya dengan Luka Doncic dan Kristaps Porzingis sebagai inti kekuatan. Mereka bahkan menahan Maxi Kleber dan Dorian Finney-Smith dengan memperpanjang qualifying offer­. Sehingga, keduanya kini berstatus pemain bebas terbatas (restricted free agent).

Mavericks melakukan itu karena menilai Kleber dan Finney-Smith berharga. Mereka suka dengan apa yang dua pemain itu bisa berikan kepada tim.

“Dallas memandang Kleber dan Finney Smith sebagai pemain pengganti berkualitas yang cocok dengan Luka Doncic-Kristaps Porzingis,” kata Tim McMahon, ESPN, lewat cuitannya.

McMahon adalah orang pertama yang mengabarkan soal perpanjangan qualifying offer.

Kendati demikian, ketika masa bebas nanti, tim-tim lain akan tetap bisa menyodorkan penawaran kepada Kleber dan Finney-Smith. Namun, Mavericks tidak perlu khawatir dengan adanya qualifying offer yang membuat keduanya menjadi pemain bebas terbatas. Mereka bisa menyamai penawaran itu agar Kleber dan Finney-Smith tetap bertahan di Dallas.

Kleber sudah membela Mavericks selama dua tahun. Ia tampil dalam 71 pertandingan pada 2018-2019 lalu. Ia sering tampil dari bangku cadangan, lalu membantu tim dengan rata-rata 6,8 poin, 4,6 rebound, 1 asis, dan 1,1 blok per pertandingan.

Finney-Smith, di sisi lain, sudah bermain bersama Mavericks selama tiga tahun. Ia tampil sebanyak 81 kali musim lalu. Ia mencetak 7,5 poin, 4,8 rebound, dan 1,2 asis. Meski  tampil dari bangku cadangan juga, Finney-Smith ternyata lebih sering menjadi starter daripada Kleber. Ia tampil sebanyak 26 kali sebagai pemain lima utama, sementara Kleber hanya 18 kali.

Dengan statistik seperti itu, keduanya tentu bukanlah kekuatan inti Mavericks. Tim asal Dallas itu tetap akan mengandalkan Doncic dan Porzingis sebagai dua senjata utama mereka. Kleber dan Finney-Smith hanya bertugas membantu sebagai pemain pengganti (role player).

Kendati begitu, Kleber dan Finney-Smith tampak tidak punya masalah dengan peran mereka sejauh ini. Kleber bahkan sempat memuji Doncic. Ia senang pemain asal Slovenia itu mendapat gelar ruki terbaik NBA 2018-2019.

“Akhirnya resmi,” kata Kleber seperti dikutip Mavs.com. “Kami harus menunggu lama. Akan tetapi, itu terbayarkan.”

Menurut Kleber, setelah mendapat gelar ruki terbaik, perjalanan Doncic akan semakin menantang. Ekspektasi terhadapnya juga akan semakin besar. Oleh karena itu, Doncic mesti bekerja keras lagi untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Kleber sendiri berharap bisa membantu Doncic untuk berkembang. Ia akan senang untuk melakukan itu. Namun, sebelum itu benar-benar terjadi, ia harus menghadapi masa bebas dulu. Seandainya tim lain menawarnya, dan Mavericks tidak menyamai penawaran itu, maka Kleber akan pergi.

NBA akan membuka pasar pemain bebas pada akhir Juni ini. Tim-tim NBA akan sibuk untuk merekrut pemain. Mavericks pun akan berusaha melengkapi diri untuk mengembangkan tim yang bisa bersaing. (put)

Foto: NBA

Komentar